Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus

Profil

Yayasan panti asuhan yatim piatu Darul Hadlonah yang beralamat di Jl. Pramuka No. 24, Desa Wergu Wetan Kecamatan kota Kabupaten Kudus. Bangunan gedung bersifat permanen dan terletak pada sebidang tanah seluas-luasnya sekitar 344 meter persegi, gedung tersebut sudah milik sendiri.

Letak yang semacam ini sangatlah stategis, sebab berada ditepi jalan raya jurusan kota Kudus, sehingga transportasinya sangat mudah, kemudian dekatnya sekolah-sekolah umum dan pesantren serta dekat pasar dan swalayan, bank, rumah sakit, kantor Polisi, kantor Bupati dan lain-lain. Sangatlah membantu dalam rangka memenuhi segala kebutuhan panti dan para anak asuh.

Panti asuhan Darul Hadlonah di bawah kepengurusan YKM (Yayasan Kesejahteraan Muslimat) NU Kabupaten Kudus yang terkoordinasi secara baik secara material maupun spiritual oleh muslimat dan masyarakat sekitarnya.

Panti asuhan ini di dirikan oleh organisasi Muslimat Nahdlatul Ulama anak cabang Kota Kudus pada tanggal 4 Agustus 1985, dengan akta nomor: 1, tanggal 15 Oktober 1985. Semenjak berdirinya panti asuhan yatim piatu darul hadlonah yang berdiri pada tanggal 4 Agustus 1985, pengurus senantiasa berusaha untuk memajukan panti asuhan yatim piatu Darul Hadlonah,baik di bidang sarana maupun prasarana dan kwantitas dari pada anak-anak.

 

Pengasuh 

  1. Hj. Chumaidah
  2. Hj. Zumrotus Zakiyah
  3. Hj. Noor Munazah 


Kegiatan

Selain pendidikan di sekolah di asrama juga di tambah pendidikan agama untuk mengajar membaca Al-Quran, Tauhid, dan Fiqih, yang di titik beratkan pada kegiatan-kegiatan sebagai berikut: 

1. Kegiatan dalam bidang baca Al-Qur’an dalam hal ini mendatangkan guru/ustadz.
2. Bidang ibadah sebagai contoh pada tiap-tiap malam jum’at diadakan membaca tahlil, surat-surat, dan Al-Barzanji
3. Belajar membaca kitab,bagi anak-anak yang pada pagi hari belajar di madrasah di asuh oleh bapak Khumaidi.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan anak panti asuhan yatim piatu Darul Hadlonah lebih menitik beratkan kegiatan agama, supaya anak panti asuhan memiliki keimanan yang kuat sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama Islam.

Dengan demikian mereka akan memiliki bekal agama yang sangat kuat dan akan mendorong kapada anak-anak asuh untuk menerima, menghayati pokok ajaran agama terutama agama Islam. Sehingga anak tidak mudah rendah diri dan bisa bergaul di tengah-tengah masyarakat tanpa rasa malu, para pengasuh dan pembimbing mengharapkan anak-anak asuh mereka yang telah keluar dari panti asuhan dapat hidup dan bersosialisasi di masyarakat dengan baik

Alamat

Jl. Pramuka No. 24, Desa Wergu Wetan Kecamatan kota Kabupaten Kudus