Panti Asuhan Asy-Syarifah Ngawi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Asy-Syarifah Ngawi

Profil

Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU yang berkantor pusat di Jakarta , dalam melebarkan sayapnya dan melaksanakan kegiatan sosial di daerah-daerah memutuskan membentuk kepengurusan tingkat kabupaten di Ngawi dengan nama Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Wilayah Kerja II Ngawi ( YKM-NU Wil Ker II) dan Ibu Hj.Muthi’ah Efendi sebagai ketua dengan SK Nomor: 097/YKM-NU/Pst/V/2006.

Setelah pengurus terbentuk ,maka membuat program kerja berupa menyelelnggarakan penyantunan anak-anak yatim/miskin/terlantar tapi tidak di asrama karena terbatasnya dana yang ada. Jumlah anak asuh yang disantuni tiap bulan hanya 10 anak. Diberi beras dan sejumlah uang untuk bantuan makan dan biaya sekolah. Dan diadakan pembinaan dan pengajian bersamaan waktu penyantunan dilaksanakan.

Jumlah anak asuh dari tahun ke tahun ditambah, menjadi 13 anak tahun berikutnya, dan tambah sedikit demi sedikit setiap tahun sehingga menjadi 20 anak pada tahun 2000. Pencarian donatur terus digalakkan dari bulan ke bulan berikutnya , dari tahun ke tahun berikutnya, karena kebutuhan penyantunan anak semakin meningkat. Dan usaha pengurus tidak sia-sia karena kepercayaan masyarakat semakin bertambah dan donatur juga semakin banyak.

Mengingat dana semakin banyak yang diperolah dari lingkungan, maka dalam rapat pengurus YKM-NU Wil Ker II pada tanggal 2 Mei 2002 di rumah ketua Ibu Hj.Muthi’ah Efendi, memutuskan untuk mengasuh anak-anak panti di asrama, meskipun jumlahnya tidak banyak, walaupun bangunan/gedung asrama belum terwujud.

“Asy-Syarifah” dengan mengambil nama dari almarhumah Ibu Hj.Srifatun alias Ibu St.Zainab yang telah mewakafkan tanahnya untuk Muslimat NU seluas 125m2 dengan harapan dipakai gedung panti tetapi karena posisinya jauh dari rumah penduduk maka tidak dibangun diatas tanah tersebut dan untuk mengenangnya maka Nama panti asuhan adalah bernama“Asy-Syarifah” dengan SK YKM-NU Nomor: 09/YKM-NU/Wilker II/V/1998. Adapun penyantunan anak yang tidak di asrama tetap berjalan dengan jumlah tetap, yaitu 20 anak. Sedangkan anak yg diasrama hanya 10 anak. 5 laki-laki dan 5 anak perempuan.

Tempat asramanya dititipkan kerumah-rumah ibu-ibu pengurus yaitu di rumah Ibu Hj.Muthi’ah efendi yang perempuan dan dirumah Ibu Hj.Munifah Effendi yang laki-laki. Namun dititipkan ke rumah pengurus hanya berjalan beberapa bulan yang anak laki-laki karena dalam rapat pengurus YKM-NU Wil Ker II pada tanggal 10-5-2002 memutuskan untuk meminjam rumah salah satu warga yang bernama Sdr.Mahsun Anshori,S.Ag yang beralamat di Jalan Baiturrahman RT.04/RW.01.

Biaya perawatan,listrik dan air ditanggung oleh yayasan tetapi tidak ada biaya sewa rumah. Dirumah yang dipinjamkan tersebut selama kurang lebih 3 tahun, tetapi untuk anak putra saja , sedangkan anak putri tetap dirumah ibu ketua Yayasan.

Setelah 3 tahun berjalan, maka kebetulan rumah akan digunakan sendiri oleh pemiliknya, padahal Yayasan belum punya dana untuk membangun asrama, maka diputuskan dalam rapat pengurus pada tanggal 5-4-2005 ,bahwa untuk asrama putra bertempat dirumah Bapak Drs.H. Mubarok yang beralamat di jalan Podang RT.04/RW.01 yang kebetulan suaminya Ibu ketua Pengurus Panti Asuhan “Asy-Syarifah”, selama 1 tahun yakni tahun 2005.

Kemudahan-kemudahan penyelenggaraan panti asuhan semakin banyak diperoleh dari Allah swt baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah bisa membeli tanah seluas 750 m2 di jalan Baiturrahman Nomor 10 yang posisinya dekat masjid Baiturrahman sebelah baratnya hanya melewati 1 rumah penduduk.

Pembelian tanah mayoritas menggunakan dana dari anggota Muslimat NU se- kab Ngawi yang berniat amal jariyah dengan diperoleh melalui kegiatan sosial yang digelar sehari di halaman Kantor NU Jln. A. Yani 99 Ngawi. Ada yang jariyah 10 meter, ada yang 3 meter, bahkan ada yang hanya 0,5 meter tetap ditampung oleh pengurus. Namun ada beberapa donatur yang dari luar dan sebagian dari ibu Bupati dan ibu wakil Bupati Ngawi yang saat itu dijabat oleh Bpk.dr.Harsono dan Bapak Ir. Budi Sulistiyono.

Setelah bisa membeli tanah 750 meter,pada tahun 2005 ada salah satu anggota Muslimat NU yang bernama Ibu Hj. Musyarrofah Effendi beramal jariyah memberikan sebuah rumah kayu dg luas 8X10 kepada panti asuhan “Asy-Syarifah” . Dengan senang hati, maka pengurus mencari dana sumbangan dari lingkungan untuk biaya mendirikan rumah jariyah tersebut dan selanjutnya dipakai asrama panti asuhan putra mulai tahun 2006.

Sedangkan ibu Hj.Muthi’ah, ketua YKM-NU Wil Ker II Ngawi mewakafkan tanahnya seluas 200 meter untuk dibangun sendiri oleh Yayasan dengan dana sumbangan para donatur tetap maupun tidak tetap menjadi sebuah musholla dan 2 kamar besar asrama putri.

Seiring dengan berkembangnya jumlah donatur yang masuk ke panti asuhan, maka dana operasional pengelolaan panti menjadi surplus dan ditabung di Bank pemerintah. Dari tabungan beberapa tahun maka akhirnya pada tahun 2009 bisa membeli rumah kayu jati ukuran 9X 10 dan didirikan didepan asrama putra yang sudah ada.

Bangunan tersebut dipakai semacam aula serbaguna: tempat penyantunan, ruang belajar, ruang tamu, dan ruang data. Bahkan bangunan tersebut semacam pusat kegiatan Muslimat NU kabupaten Ngawi, dan juga seringkali dipakai rapat gabungan dengan NU dan neven-neven nya.

Selanjutnya mengenai asrama putri yang baru ada 2 kamar besar dengan tempat tidur susun berkapasitas 12 anak, maka perlu ada pelebaran gedung asrama supaya bisa menambah jumlah anak asuh yang memadai karena semakin banyaknya peminat anak asuh yg harus disantuni.

Dan juga perlu ada ruangan kantor yayasan yang baik dan layak untuk mengamankan dokumen dan menyelesaikan administrasi dengan baik.oleh sebab itu rapat pengurus tanggal 10-9-2012 di panti putra memutuskan untuk mendekati ibu Hj. Muthi’ah Efendi supaya merelakan tanahnya untuk dibeli panti asuhan mengingat posisinya gandeng dengan asrama putri.

Akhirnya panti bisa membeli tanah seluas 300 m2 milik Ibu Hj.Muthi’ah Efendi yang ada dibelakang asrama putri, dan pada tanggal 18-1-2013 peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama putri berlantai dua dengan proses pembangunan secara bertahap dan saat ini masih dalam proses penyelesaian gedung lantai dasar. Mudah-mudahan tahun depan sudah selesai secara sempurna gedung dengan dua lantai tersebut.

Pengasuh

 Hj. Badriyah Muhimmah

PROFIL PANTI DAN NON PANTI ASUHAN
1. Nama Panti                      : “Asy-Syarifah”
2. Akte Notaris                     : YKM-NU Nomor 47 tahun 1963
Nomor 24 tanggal 22 Februari 2008 (Perbaikan)
3. SK YKM-NU                     : Nomor : 097/YKM-NU/Pst/V/2006
4. SK Pengurus Panti           : Nomor : 09/YKM-NU/Wilker II/V/1998
5. Alamat Panti
            Asrama Putra          : Jln. Baiturrahaman RT.04/RW.01 Beran II Kab. Ngawi Jatim
           Asrama Putri            : Jln. Baiturrahman RT.02/RW.01 Beran II Kab. Ngawi Jatim
6. Telp                      : 0351-7758060, 0351-748240
7. Kelurahan             : Beran
8. Kecamatan           : Ngawi
9. Kabupaten            : Ngawi
10. Provinsi              : Jawa Timur
11. Kode Pos           : 63216
12. Email                 : pa.asy.syarifah@gmail.com


VISI DAN MISI PANTI ASUHAN
VISI:

“Sumber daya manusia berkualitas dalam ke-islaman Ahlussunnah wal-jama’ah, keilmuan global, berwawasan kebangsaan, serta peka sosial dan lingkungan.”
MISI:
1. Pemberdayaan institusi-institusi kemasyarakatan
2. Peningkatan kualitas pengamalan Islam Ahlussunnah wal-jama’ah
3. Pengembangan kualitas pelayanan terhadap anak didik , anak asuh, anak binaan dan masyarakat binaan
4. Pengembangan kualitas pelayanan sosial masyarakat
5. Penggalangan kemitraan dengan berbagai lembaga strategis dlm upaya peningkatan kesejahteraan dan kemandirian anak didik, anak asuh, anak binaan dan masyarakat binaan

Alamat:
Asrama Putra : Jln. Baiturrahaman RT.04/RW.01 Beran II Kab. Ngawi
Asrama Putri : Jln. Baiturrahman RT.02/RW.01 Beran II Kab. Ngawi
Kode Pos:  63216
Telpon: 0351-7758060, 0351-748240

Untuk Keterangan Lebih Lanjut silahkan Hubungi: https://paasysyarifah.wordpress.com