Majelis Dzikir Wa Ta’lim Ash-Haabuul Yamiin Surabaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Dzikir Wa Ta’lim Ash-Haabuul Yamiin Surabaya

Profil

Berdirinya Majelis Dzikir Wa Ta’lim Ash-Haabuul Yamiin yang dulu namanya Majelis Dzikir Ar Rizqiyyah yang didirikan pada tahun 2000 dibentuk untuk menjadi wadah kekeluargaan semata-mata memurnikan ajaran tauhid serta membina akhlaq sebagaimana tuntunan Nabi Muhammad SAW, untuk menjadi hamba yang mulia dihadapan Allah SWT. di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo yang merupakan cabang dari Majelis Dzikir Wa Ta’lim Ash-Haabuul Yamiin yang berada di Gununganyar Surabaya yang tidak lepas dengan berdirinya pondok pesantren Al-Baihaqy dibawah pimbinan KH. Bahar Wirawan.

Tujuan dibentuknya Majelis ini adalah menerapkan Nilai-nilai akhlaqul Karimah yang diterapkan berlandaskan Li‟ilaai Kalimatillah Bibtighoi Mardhotilah dengan menjunjung tinggi nilai-nilaiIstiqomahfi al-ibadah, istiqomah fi al-Ta‟lim, Istiqomah fi al-Mu‟amalah, Istiqomah fi al-Hayyah, wa Istiqomah fi al-Amaliyah.

Majelis ini juga terkenal dengan rasional, karena pengobatan yang dilakukan oleh KH. Bahar Wirawan dengan cara air putih yang dikasih tulisan arab kemudian dimasukkan ke dalam wadah air tersebut. Pengobatan yang dilakukan oleh KH. Bahar Wirawan diantaranya adalah korban narkotika, penderita gangguan kejiwaan dan penyakit-penyakit yang lain dengan metode doa dan dzikir yang berjalan selama ini yaitu bacaaan dzikir yang dikerjakan setiap hari, yaitu setiap habis sholat fardhu.

Dzikir ini disebut dzikir Nafi‟ isbat yaitu dzikir jahr atau dzikir dengan suara yang keras dan dzikir ismu dzat yaitu dzikir khofi atau dzikir hati dan ada kegiatan lain yang bersifat mingguan dan bulanan yaitu khataman dan manaqiban. Adapun berdirinya tradisi dzikir dalam ritual keagamaan majelis  Dzikir Wa Ta’lim Ash-Haabuul Yamiin dengan demikian ajaran tersebut sampailah dilanjutkan sampai saat ini untuk melakukan tradisi dzikir tersebut dengan awal mula pengikut jama’ah masih sedikit hingga saat ini bertambah semakin banyak dan berkembang luas.
 


Pengasuh

KH. Bahar Wirawan

Alamat

 Jl. Gn. Anyar Sejahtera No.4 - 8,Tambak, Kec. Gn. Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur 60294