Majelis Rasulullah Jakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Rasulullah Jakarta

Profil

Majelis Rasulullah merupakan salah satu Majelis Dzikir dan Shalawat pemuda terbesar di Jakarta yang didirikan dan diasuh oleh Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa. Majelis Rasulullah sering kali mengadakan kegiatan di Monumen Nasional(Monas), seperti Maulid Nabi SAW dan Tabligh Akbar yang dihadiri banyak ulama nasional dan internasional, di antara adalah Habib Umar bin Hafidz, ulama dunia kenamaan Kota Tarim, Yaman yang juga merupakan Guru dari Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa.

Pada tahun 2000 semakin banyak jamaah dan majelis ini memerlukan nama untuk kepentingan surat menyurat, izin serta undangan dan lain sebagainya. Mulailah timbul permintaan agar Majelis ini diberi nama, Jama‟ah menyarankan bahwa nama Majelis ini adalah “Majelis Habib Munzir Al Musawwa”, namun Habib Munzir menolak dan menjawabnya dengan polos nama majelis adalah “Majelis Rasulullah”. Karena memang tidak ada yang dibicarakan selain ajaran Rasul SAW dan membimbing mereka untuk mencintai Allah dan Rasul Nya, dan pada dasarnya semua Majelis taklim adalah Majelis Rasulullah SAW.

Kegiatan rutin Majelis Rasulullah diadakan pada malam Selasa, berpusat di Masjid Raya Almunawar Pancoran, Jakarta Selatan. Dakwah Habib Munzir ialah mengajak umat Islam untuk bertobat dan mencintai Nabi Muhammad dan sunnahnya, menjadikan Rasulullah SAW sebagai idola. Habib Munzir juga senantiasa mengingatkan agar tidak sampai putus aktivitas untuk mencari ridhanya Allah SWT dan rasa cinta RASULULLAH SAW walaupun Majelis Rasulullah tidak ada sosok seorang guru besar seperti Habib Munzir Bin Fuad Al-Musawa.

Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa wafat, pada hari Minggu 15 September 2013, pimpinan Majelis Rasulullah ini menghembuskan nafas terakhir pada pukul 15.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
 

Pengurus

Sepeninggal Al Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa, guru beliau Sayyidul Habib Umar bin Hafidz menunjuk 3 orang untuk mengurus Majelis Rasulullah, 3 orang tersebut yaitu

  1. Al Habib Muhsin bin Idrus Al Hamid,
  2. Al Habib Nabiel bin Fuad Almusawa
  3. Al Habib Ahmad Al Bahar Al Haddar

ke 3 orang ini kemudian membentuk lembaga Majelis Syuro di dalam mengemban amanah Sayidul Habib Umar bin Hafidz untuk mengurus Majelis Rasulullah.

Majelis Syuro yang terbentuk kemudian mengusulkan kepada Sayyidul Habib Umar bin Hafidz untuk mengangkat Dewan Guru, dan saat itu diusulkan Al Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan sebagai dewan guru.

Satu tahun berjalan di bawah bimbingan Al Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan sebagai Dewan Guru, kemudian Dewan Syuro mengusulkan kepada Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz untuk menerapkan system pergantian dewan guru secara berkala dan juga menunjuk 3 Dewan Guru sekaligus setiap periode nya.

Anggota angota Dewan Guru yang diusulkan oleh Dewan Syuro kepada Sayidil Habib Umar bin Hafidz merupakan murid murid langsung dari Sayidil Habib Umar bin Hafidz dan atas persetujuan Sayidil Habib Umar bin Hafidz.

Adapun anggota Dewan guru yang terbentuk pada setiap periode nya antara lain,

Periode Pertama:

  1. Al Habib Hamid Barakwan
  2. Habib Alwi bin Utsman bin Yahya
  3. Syech Ridwan bin Kartim Al Amri

Periode Kedua:

  1. Ust. Ubaidillah Chalid
  2. Al Habib Abdurahman bin Hasan Al Habsyi
  3. Al Habib Ahmad bin Muhammad Al Kaf

Selanjutnya hingga saat ini berjalan Dewan Guru yang ditunjuk adalah

  1. Habib Ja’far bin Muhammad Bagir
  2. Habib Alwi Al Habsy
  3. Habib Muhammad Baghir Bin Yahya

Program Kegiatan

1) Kegiatan Rutin Mingguan

a) Majelis Induk

1.) Setiap hari Senin malam jam 20.15 s/d 22.00 di Masjid Al Munawwar Pancoran, Jakarta Selatan. Al Musawa memberikan kajian hadist Sahih Al-Bukhari dan membahas kitab Risalatul Jami‟ah karyanya Habib Ahmad bin Zain bin Alqi Al Habsy. Acara pengajian diawali dengan membaca Maulid atau Sejarah Nabi Muhammad SAW dengan diiringi tabuhan Hadroh. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama dengan pembahasan kitab hadits dan Fiqih yang disampaikan oleh Habib Munzir atau Dewan Pengajar Majelis Rasulullah. Biasanya Hadits atau kitab yang akan dibahas diperbanyak kemudian dibagikan kepada jamaah. Acara diakhiri dengan dzikir dan doa.

2.) Setiap hari Kamis malam jam 20.15 s/d 22.00 di Gedung Dalail Khairat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Al Musawa memberikan kajian kitab Fathul bari karya Ibnu Hajar AlAstqalani yang merupakan syarah kitab Shahih AlBukhari

b)Majelis keliling

  1. Setiap hari Selasa dan Rabu malam jam 20.15 s/d 22.00, Habib Munzir memberikan tausiyah dengan nasihat-nasihat untuk kehidupan di dunia dan di akhirat, tempat yang berubah-ubah dengan jadwal undangan.
  2. Setiap hari Jum‟at malam jam 20.15 s/d 22.00, dzikir akbar ya Allah seribu kali, tempat disesuaikan dengan jadwal undangan. 
  3. Setiap hari Sabtu ziarah ketempat guru-guru, habib-habib ulama-ulama besar yang ada di sekitar Jakarta, dan biasanya pula tempat pengajin dan tempat ziarah berbeda.

2) Kegiatan Tahunan

Selain acara rutin mingguan yang diadakan Majelis Rasulullah, ada majelis rutin tahunan yang biasa disebut dengan Event Akbar atau Tabligh Akbar. Majelis rutin tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati hari-hari besar Islam atau pada momen tertentu. Majelis rutin tahunan yang diadakan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat ini di mulai tahun 2008 dan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat di mulai pada tahun 2009. Acara-acara rutin tahunanya sebagai berikut:

  1. Tabligh Akbar Muharram 
  2. Maulid Akbar Muhammad  
  3. Tabligh Akbar Isra‟ mi‟raj Nabi Muhammad SAW​
  4. Tabligh Akbar Ahlul Badr​
     


 

3) Program Dakwah

Siaran di Stasiun TV Beberapa stasiun TV swasta telah menjalin hubungan dengan Majelis Rasulullah saw, di antaranya Metro TV yg telah meliput acara majelis mingguan di Masjid Raya Almunawar Pancoran Jakarta Selatan, dan ditayangkan pada acara Oasis pada 24 April 2005. Demikian pula ANTV yang telah menjadi mitra Majelis Rasulullah saw, yang mana berkali-kali Habib Munzir dan tim Hadrah Majelis Rasulullah saw mengisi acara Mutiara Subuh ANTV dengan durasi 27 menit, dan telah berlangsung sejak tahun 2000 lalu.

ANTV juga telah berkali-kali berkunjung dan meliput Majelis Rasulullah saw di Masjid Almunawar Pancoran, dan juga saat kedatangan guru Al Habib Umar bin Hafidh di Masjid Raya Almunawar Pancoran Jakarta Selatan. Hal serupa dengan stasiun TV Indosiar, sejak 2001 telah menjalin hubungan dengan Majelis Rasulullah.

Pada periode 2005 ini hingga Agustus 2005, Indosiar TV telah menayangkan lebih dari 20 tayangan rekaman Habib Munzir Almusawa dalam acara Embun Pagi. Salah satu kegiatan lainnya ialah liputan kedatangan guru Al Habib Umar bin Hafidh. Untuk tahun kedatangan tahun 2003 diadakan rekaman di kediaman Habib Umar Maula Khela di Kemang, dan pada 2004 diadakan rekaman di kediaman Habib Muhsin bin Idrus Al Hamid di Cidodol, dan pada kedatangan tahun 2005 yang baru lalu ini rekaman diadakan di kediaman Habib Riyadh Alhiyeyd di Kemang.

Stasiun TV Lativi telah mengadakan kerjasama dengan Majelis Rasulullah saw pada bulan Ramadhan, dan stasiun TV TPI pun mengadakan rekaman ceramah agama oleh Habib Munzir sebanyak 4 episode pada Mei 2005. Pada tahun 2010 Habib Munzir sering mengisi acara Damai Indonesiaku yang rutin ditayangkan oleh TV One setiap hari Minggu siang maupun hari besar Islam (Peringatan Tahun Baru Hijriah dll). Acara ini biasanya dihadiri puluhan ribu jamaah Majelis Rasulullah serta dihiasi dengan iringan Sholawat dari tim Hadrah Majelis Rasulullah.

2) Hadrah Majelis Rasulullah

Tim Hadroh Majelis Rasulullah saw terdiri dari sembilan personil, dengan empat buah hadroh ukuran standard dan empat buah Bass dengan ukuran Besar, dan satu buah Bas ukuran sangat besar. Tim ini selalu mengiringi Tablig Akbar Majelis Rasulullah saw dipelbagai wilayah seputar Jakarta dan sekitarnya, dibarengi lantunan nasyid dengan suara yang sangat merdu dan indah membawa ketenangan dan kesejukan di hati, dan disaat lain membangkitkan semangat muda untuk lebih giat beraktifitas dengan segala kegiatan positif

Perkembangannya

Majelis Rasulullah tidak hanya pada lingkup kota-kota besar di Jabodetabek saja. Sejak tahun 2000, Majelis Rasulullah melalui Habib Munzir sudah mulai menebarkan jejaring dakwahnya ke berbagai pelosok Nusantara diantaranya Mojokerto, Malang, Sekorejo, Tretes, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi untuk wilayah Jawa Timur.

Wilayah Bali diantaranya Klungkung, Negara Singaraja, dan Denpasar. Begitu pula dibeberapa wilayah lain seperti NTB, Madura, Sumatra, Kalimantan, dan Irian Jaya. 

Majelis Rasulullah mengepakkan sayapnya dibeberapa negara yang membuat cabang resmi seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam dan Australia serta Amerika Serikat. Kesemuanyya juga menggunakan nama Majelis Rasulullah dan pemimpin sekaligus pengajar merupakan teman-teman Habib Munzir ketika menimba ilmu di Yaman. Ke semua cabang tersebut langsung disahkan dan diberi izin oleh Sang Habib Munzir.

Alamat

 Jl. Cikoko Barat V, RT 03/05, No 66, Pancoran, Jakarta Selatan

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Hubungi:  https://www.majelisrasulullah.org/

Telpon: 021-7986709