Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta

Profil 
Panti Asuhan / Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yayasan Nur Hidayah Surakarta diresmikan oleh Pembantu Gubernur Prop. Jawa Tengah, Drs. Winarna Surya Adisubrata dan mulai digunakan sejak tangal 17 Juli 1997. Sampai saat ini telah meluluskan banyak angkatan, baik lulus SLTA dan maupun sarjana. Program penyantunan dan pengasuhan di Keluarga Asuh Panti Asuhan/LKSA Yayasan Nur Hidayah diperuntukan bagi anak yatim piatu / yatim / piatu / dhuafa yang berusia 5 tahun (TK) hingga berusia 19 tahun (lulus SMA). Untuk jenjang pendidikan selanjutnya, jika anak asuh mampu masuk Perguruan Tinggi Negeri, panti asuhan akan berusaha mencarikan sponsor kuliah bagi mereka.

Bukan hanya fasilitas sarana dan prasarana yang di sediakan oleh Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah, namun juga perhatian, kasih sayang, pendidikan (biaya sekolah), dan bimbingan agar para anak asuh dapat mandiri pada saatnya kelak.

Para dermawan dan donatur yang ingin menyantuni anak yatim / piatu / dhuafa, dimana mereka terkendala tempat tinggal, kesibukan sehar-hari, insya Allah dapat menyalurkan donasinya di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah yang merupakan jembatan tali asih, asuh, dan asah antara donator dan anak yatim / piatu / dhuafa. Sehingga tercapai cita-cita mereka, menjadi sosok yang mandiri dimasa mendatang

Sebagai sebuah lembaga sosial panti asuhan merupakan salah satu langkah terakhir yang dapat di tempuh jika ada anak yang mengalami difungsi sosial dalam keluarganya. Jika memang orangtuanya tidak mampu maka dicarikan kerabat yang mampu atau dicarikan orangtua asuh secara formal yang bisa support secara materil. Jika tidak ada maka dicarikan wali baru kemudian orangtua angkat lewat proses adopsi. Kalau sampai tidak ada yang mau mengadopsi, maka baru boleh dimasukkan ke panti asuhan. Untuk itu perlu dirancang program penanganan anak yang di asuh dalam panti, sebagai mana layaknya sebuah keluarga.

Keluarga asuh menjadi alternatif program pengelolaan dalam panti, dimana asrama yang ada dijadikan model sebagai keluarga, para pengasuh yang terdiri dari ayah dan ibu, mendidik, membina dan mengasuh anak panti seperti sebuah keluarga besar.

Asrama panti yang berada di tengah masyarakat tidak menjadi esklusif, mereka juga bagian dari sebuah rukun tetangga (RT) ataupun RW. Anak asuh dapat membaur dengan masyarakat layaknya seperti anak normal yang lainnya. Program pola pengasuhan seperti keluarga ini dapat diterapkan lebih efektif.

Visi dan Misi Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah

Visi
Terpenuhinya kebutuhan anak asuh akan fungsi sosial anak dalam tumbuh kembang menuju kemandirian secara menyeluruh sehingga dapat berdaya dalam masyarakat luas.

Misi
1) Menyiapkan sarana dan prasana yang lengkap terpadu dalam mengentaskan masalah sosial anak asuh di dalam dan di luar lembaga.
2) Menyiapkan program kepengasuhan yang professional dalam pengelolaan panti asuhan, baik di dalam panti maupun di luar panti.
3) Menjadi tempat sementara bagi anak yang mengalami disfungsi sosial dalam keluarga serta memfungsikan keluarga pengganti bagi anak asuh yang membutuhkannya.
4) Menjadi pemersatu semua stakeholder masyarakat dalam bidang sosial menuju pelayanan dan mengentaskan masalah sosial di masyarakat luas.
5) Menjadi wadah bagi para pemerhati, sukarelawan dan pekerja sosial dalam turut serta aktif menyelesaikan masalah sosial di masyarakat.

Kegiatan
Kegiatan Internal

1) Taklim/kajian setiap hari yang dibimbing oleh pengasuh dan ustadz/ustadzah dari dalam maupun luar Yayasan.
2) BTA (Baca Tulis Al Qur'an) yang diadakan setiap hari terutama di pagi hari dan ba'da maghrib.
3) Beladiri (tapak suci dan wushu) yang diadakan setiap pekan sekali.
4) Seni hadrah setiap pekan sekali dan sudah tampil di berbagai acara.
5) Kemandirian; cuci pakaian, setrika, memasak, kebersihan diri dan lingkungan, dan lain-lain.
6) Keterampilan/skill tambahan; komputer, Bahasa Inggris, setir mobil (bagi yang sudah SMA), menjahit, dekorasi, kultum, dan lain-lain.
7) Olah raga diadakan setiap hari ahad secara bersama seperti sepak bola, tenis meja, bola volly, bulu tangkis, renang, dan lain lain.
8) Bimbingan belajar sekolah atau di lembaga pendidikan bagi anak yang memang membutuhkan.
9) Pengajian rutin setiap hari Jum‟at sore di Yayasan.

Kegiatan Eksternal
1) Acara dengan donatur, seperti panti yang lain Panti Asuhan Nur Hidayah sering juga diundang para donatur untuk acaraacara/hajat.
2) Out bound atau rekreasi/rihlah, kegiatan ini biasanya d adakan setiap tahun di saat liburan kenaikan kelas bersama dengan para karyawan Yayasan Nur Hidayah guna mempererat rasa kebersamaan, tali silaturahim dan mengurangi kejenuhan.
3) Pada saat liburan mereka diajak untuk Praktik Kerja Lapangan mengunjungi perusahaan-perusahaan, pabrik, unit-unit usaha produktif agar membekali diri untuk berwiraswasta guna masa depan.
4) Kunjungan ke Panti Asuhan lainnya

Alamat
Jl. Pisang No 23 Kerten Laweyan Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos : 57143
No. Telepon : (0271) 711792, 723737