Panti Asuhan Mizan Amanah Tangerang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Mizan Amanah Tangerang

Profil
Panti asuhan Yatim dan Dhuafa  binaan Yayasan Mizan Amanah ini menjadi cikal bakal keberadaan panti-panti lainnya yang ada di wilayah Jakarta dan Tangerang. Tak lepas dari faktor sosial dan anak-anak yatim yang jadi alasan berdirinya panti yatim di lokasi metropolitan ini. Sekitar tahun 2009, panti yatim yang beralamat lengkap di Jalan Bintaro Utama 3 Blok AP No. 50A Bintaro Jaya Sektor 3 ini mulai ada.

Ya, kondisi lingkungan sekitar yang sangat membutuhkan bantuan para aghnia, terkhusus uluran tangan untuk para generasi yang harus “diselamatkan”.  Awalnya Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah ini menampung sekitar 20 anak lebih. Karena memang waktu itu di lingkungan tersebut masih banyak anak-anak “terlantar” seperti, anak-anak yatim, anak-anak jalanan, serta keluarga dari penduduk sekitar yang kurang mampu. 

Secara geografis, letak Kawasan Bintaro Sektor 3 ini cukup strategis. Kondisi jalan raya yang ramai setiap harinya. Penduduknya pun cukup padat. Bahkan bisa dikatakan termasuk Kawasan perkotaan dengan berderet di sekitarnya gedung-gedung tinggi. Tapi kondisi tersebut ternyata tidak menjamin bagi keberlangsungan masyarakat sekitar yang notabene masih serba kekurangan, apalagi persolan anak-anak.  

Maka dengan tekad serta tawakkal kepada Allah Swt, Yayasan Mizan Amanah hadir di lingkungan tersebut dalam rangka membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan, khususnya anak-anak yatim dhuafa dan terlantar. Lebih dari itu, Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah hadir di tengah-tengah Kawasan Bintaro sektor 3 ini ingin membantu dan menjembatani para aghnia atau para donatur yang ingin berkontribusi serta menyumbangkan sebagian rizkinya. 

Hingga saat ini, alhamdulillah panti asuhan yatim dan dhuafa binaan Mizan Amanah yang berada di Kawasan Bintaro sektor 3 ini telah membantu ratusan anak yatim dan dhuafa. Sehingga mereka bisa tumbuhkembang dengan layak, mengenyam Pendidikan yang baik, serta banyak pula yang sudah mandiri. Untuk sekarang panti ini mengelola 16 anak-anak yatim dan dhuafa yang tinggal di asrama dari lingkungan sekitar dan berbagai daerah.

Visi, Misi, Tata Nilai

VISI
Menjadi lembaga pengelola amanah umat terdepan di tingkat nasional, dan membentuk generasi yang bermanfaat
MISI
1. Memperluas jaringan dan memberikan pelayanan prima bagi pemangku kepentingan
2. Mengelola amanah umat secara profesional dan sesuai syariat sehingga lebih berdayaguna
3. Mendidik dan mengembangkan potensi anak yatim dan kaum dhuafa untuk menjadi muslim yang hakiki

TATA NILAI ISLAMIC : Mengedepankan nilai syar’i Islam dalam aktivitasnya
RESPONSIVE : Senantiasa tanggap untuk peningkatan pelayanan kepada semua pemangku kepentingan
INTEGRITY : Memiliki komitmen dalam mengelola amanah
LOYALTY : Menumbuhkan kesetiaan untuk mencapai tujuan bersama
INNOVATIVE : Senantiasa berani menemukan ide baru untuk memperoleh manfaat lebih

Program 
1. GENERASI HEBAT
Program ini didesain sebagai jawaban bahwa anak yatim tidak selamanya selalu dalam posisi ‘diberi’. Kepada anak yatim pun harus ditanamkan ke dalam jiwanya bahwa ‘tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’. Apapun bisa diberikan kepada masyarakat yang telah membantu anak yatim selama ini. Tenaga, pikiran, kasih sayang, doa ikhlas, bahkan sampai hal-hal terkecil pun selalu kita berikan kembali kepada masyarakat.

Yatim Memberi page 1 Program ini dirancang untuk mendidik dan menyiapkan anak-anak untuk berprestasi dan berkarakter islami. Program ini ditujukan untuk anak yatim di asrama maupun luar asrama, para dhuafa, dan para siswa berprestasi yang membutuhkan dukungan. Program-program Generasi Hebat, antara lain: SAPA merupakan program yang didedikasikan oleh Mizan Amanah sebagai bentuk kepedulian pada generasi masa depan bangsa, yaitu untuk pendidikan dan kesejahteraan anak yatim dan dhuafa. Di tahun 2013, tercatat 1.977 anak yatim dan dhuafa telah menerima manfaat dari program SAPA. SAPA Santunan Peduli Yatim dan Dhuafa

2. Program beasiswa
bagi anak yatim dan dhuafa di Indonesia. Program ini sangat dirasakan manfaatnya langsung bagi anak yatim dan dhuafa yang terancam tidak dapat melanjutkan sekolah karena ketiadaan biaya. BPS page 2 Program beasiswa bagi anak yatim dan dhuafa yang berprestasi. D’ Best hadir dengan tekad mewujudkan minat dan bakat anak yatim dan dhuafa untuk meraih berprestasi yang lebih tinggi. Beasiswa Putus Sekolah D’BEST Dana Bantuan Beasiswa Prestasi

3. GENERASI BERDAYA
Program Pahlawan Yatim menghadirkan figur relawan yang berperan sebagai ‘pahlawan’ bagi anak yatim dan dhuafa yang berada di daerah tertinggal yang ada di pelosok Nusantara. Pahlawa n Yatim page 1 Program ini dibuat untuk membangun pemberdayaan masyarakat dhuafa yang berada di pelosok-pelosok Nusantara. Anak yatim dan warga dhuafa akan diberdayakan secara aktif oleh Mizan Amanah, demi kehidupan mereka yang lebih baik di masa depan.

Program-program Generasi Berdaya, antara lain: Program ini adalah program santunan bagi ibu yang masih memiliki anak yang masih duduk di sekolah dasar dan suaminya telah meninggal dunia. Program ini digulirkan untuk membantu para ibu yang secara fitrah mendidik dan membimbing anak-anaknya. Namun karena tulang punggung keluarga telah tiada, yaitu suami tercinta, sang ibu harus menanggung semua biaya untuk menghidupi anak-anaknya. Ibunda Yatim

Alamat
Jl. Bintaro Utama III Blok AP No. 50A Bintaro Jaya Sektor 3 - Tangerang Selatan
Tel. (021) 735 6058