PAUD Istana Anak Dandelion Kalibening

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
PAUD Istana Anak Dandelion Kalibening

Profil
Pendidikan Anak Usia Dini Istana Anak Dandelion telah beroprasi sejak tanggal 1 Februari 2011 dinaungi oleh Yayasan KHALIMUL KHASAN. Pendirian PAUD ISTANA ANAK DANDELION dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatan belajar kepada anak usia dini di Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara.
Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini ini bernama ISTANA ANAK DANDELION atau disebut PAUD ISTANA ANAK DANDELION. Lokasi PAUD ISTANA ANAK DANDELION adalah di Jln. Puskesmas No. 1, Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

VISI dan MISI
VISI
Membangun karakter anak agar menjadi generasi yang unggul dan berakhlak mulia.
MISI
1.         Mewujudkan dan menyebarluaskan sistem pendidikan anak usia dini berdasarkan perkembangan IPTEK.
2.         Membangun kerjasama antar guru, orang tua dan masyarakat dalam mengembangkan potensi anak usia dini dengan model sentra dan active learning.
 TUJUAN
Tujuan PAUD ISIANA ANAK DANDELION secara umum adalah:
​1.      Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai ketrampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, dapat mengakomodasi semua aspek perkembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
2.      Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah ; pertama, menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu  merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam  implementasinya melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing), belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuh kembangkan ketrampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin.
3.      Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
4.      Mengindentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan dapat dilakukan intervensi dini.
5.      Menyediakan pengalaman yang beraneka ragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD)

Alamat
Jln. Puskesmas No. 1, Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Kode Pos 53458
 HP. 085 234 70 7000.