Pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran

Profil 
Pesantren Sabilil Muttaqien yang dulu disebut cabang Ciamis ini, memulai ground breaking pembangunan pada tanggal 9 September 1999. Dengan semangat ruhu islam dan jihad mencerdaskan umat melakukan peletakan batu pertama pembangunan lembaga pendidikan pesantren. Selepas peletakan batu pertama tersebut, PSM tidak sekaligus menyelenggarakan pendidikan.

Selang sekitar 3 tahun, tepatnya pada tahun 2002, PSM baru mulai membuka pendidikan pesantren. Dan mulai saat itu pendidikan pesantren berlanjut hingga saat ini. Saat ini pendidikan formal yang dikelola pesantren baru ada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Konten kurikulum madrasah juga mengadopsi secara total kebijakan pemerintah. Tentu dengan pengembangan yang diselaraskan dengan nilai-nilai pesantren.

Untuk kurikulum pesantren, mengadopsi sistem pondok modern salaf. Untuk pembelajaran akhlak, tasawuf, fiqh, tauhid, menggunakan kitab kuning (kitab klasik), referensi pesantren salaf. Dan untuk konten kebahasaan, kedisiplinan dan beberapa kegiatan ekstra kurikuler mengadopsi sistem pesantren modern. Pada tahun 1998 Pesantren Sabilil Muttaqien mendirikan yayasan untuk lebih meningkatkan kualitas di bidang pendidikan. Setelah PSM memiliki akte yayasan, perkembangan pendidikan mengalami kemajuan yang cukup pesat terutama dalam pendirian sarana dan prasarana.
Pengasuh
KH. Hasan
Ust.Salikul Ma'ruf
Ust. Suparno MPd

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.