Panti Asuhan Darul Hadlonah 1 Boyolali

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Darul Hadlonah 1 Boyolali

Profil
Kurang lebih pada tahun 1990-an sekelompok pemuka agama dari kaum hawa yang diprakarsai dari pimpinan Muslimat NU Kabupaten Boyolali sangat memprihatinkan akan keberadaan serta masa depan anak – anak yatim dari kaum muslimin khususnya di daerah Boyolali. Melihat kondisi generasi penerus dari umat islam yang kurang mendapat perhatian akan kasih sayang pendidikan serta masa depan yang tidak jelas serta khawatir akan arus globalisasi bebas yang merusak moral dan akhlak manusia.

Pada tahun 1998 baru terealisasi,sehingga berdirilah sebuah Yayasan dari Muslimat NU yang diberi nama “LKSA Panti Asuhan Darul Hadlonah” atas wakaf dari Bapak dan Ibu H. Harto Sumardjo yang berlokasi di Gatak RT 02 RW 05 Kebontimun Kiringan Boyolali. Seiring berjalannya waktu pembangunan gedung panti berlangsung. Alhamdulillah pada tahun 1999 gedung sudah berdiri dengan 3 ruangan kamar, kamar mandi dan aula kecil. Pada saat itu terdapat anak asuh yang tinggal sebanyak 9 anak. Dan perijinan mulai diproses sejak panti mulai berdiri dan SIOP turun tanggal 12 September 2000, mulai terdaftar di Dinas Sosial Kabupaten Boyolali.

Dari tahun ke tahun pembangunan gedung panti diberlakukan seiring dengan jumlah anak asuh bertambah dan Alhamdulillah gedung panti sekarang berlantai 2 dan dilengkapi 1 ruangan aula. Tepatnya pada tahun 2008 total anak asuh mencapai 30 anak. Anak asuh yang didapatkan melalui proses bertahap, dimulai dari pendataan calon anak asuh, lalu dilakukan survey ke rumah calon anak asuh oleh pengurus. Survey ini diharapkan dapat tepat sasaran bahwa anak asuh benar – benar berasal dari keluarga tidak mampu yang yatim, piatu, yatim piatu, dhu’afa dan terlantar. Setelah itu juga dilakukan interview/wawancara kepada pihak keluarga dan calon anak asuh. Dari data yang sudah didapatkan, maka untuk calon anak asuh diterima atau tidaknya diputuskan melalui rapat Pengurus Panti dengan pertimbangan data yang sudah ada.

Disamping prosedur penerimaan anak asuh, terdapat juga pengelolan panti dengan memberikan pendidikan formal dan non-formal. Untuk pendidikan non-formal diberikan pendidikan keagamaan ala pondok pesantren, hafalan juz 30, keterampilan, olahraga, dan pendidikan leadership.Pada tahun terakhir ini LKSA Panti asuhan Darul Hadlonah, jumlah anak asuh mencapai 22 anak terdiri 11 putra dan 11 putri. Anak asuh di LKSA Panti Asuhan Darul Hadlonah merupakan amanah bagi semua pengurus. Dengan tujuan untuk mengangkat harkat dan martabat generasi yang lemah menjadikan generasi yang bermartabat dan beradab seperti layaknya generasi yang lain, khususnya bagi anak yatim, piatu, yatim piatu, dhu’afa dan anak terlantar dari umat islam di Indonesia.
Visi, Misi dan Tujuan LKSA Darul Hadlonah Boyolali
Visi 
Menjadi lembaga yang mampu mengemban amanah Allah SWT, menghasilkan tamatan berkualitas yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berwawasan, terampil, mandiri, dan memiliki tanggungjawab serta peduli terhadap sesama yang membutuhkan.
Misi 
1. Menumbuhkan sikap positif yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
2. Menumbuhkan sikap kompetisi dalam prestasi dan kebaikan.
3. Melaksanakan pendidikan dan latihan yang berorientasi pada terwujudnya generasi yang kuat aqidah, aqliyah, dan ekonomi.
4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam rangka mendidik dan melatih anak asuh.
5. Menerapkan sistem manajemen mutu dalam penyelenggaraan kepengasuhan.
6. Menjalin komunikasi yang sehat dengan orang tua dan atau penanggungjawab utama anak asuh.
7. Memberikan manfaat pada lingkungan masyarakat LKSA.
8. Memberi kontribusi positif pada perkembangan Islam di Boyolali.
Tujuan 
1. Membantu mengasuh anak dari keluarga yang mengalami masalah kesejahteraan sosial.
2. Memberikan suasana yang nyaman bagi anak asuh dalam menjalani pendidikan dan pelatihan dalam LKSA.
3. Menciptakan suasana kekeluargaan dalam LKSA.
4. Menyiapkan anak asuh agar mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mengembangkan diri untuk mencapai taraf hidup yang baik.
5. Menyiapkan tamatan muslim yang produktif, siap berkembang dan beradaptasi serta kreatif.

Kegiatan
Kegiatan Anak Asuh
Kegiatan Internal
1. Madrasah Diniyyah/Ngaji Sore setiap hari yang dibimbing oleh pengasuh dan ustadz/ustadzah dari dalam maupun luar yayasan.
2. Membaca Al Qur'an yang diadakan setiap hari terutama bakda sholat subuh dan bakda magrib.
3. Sekolah formal setiap hari sesuai dengan jenjang pendidikan anak asuh.
4. Kemandirian dan piket harian ; mencuci pakaian, seterika, memasak, kebersihan diri dan lingkungan, dan lain-lain
5. Ketrampilan / Skill tambahan; sablon, menjahit, tata boga, budidaya ikan lele, dan lain-lain
6. Olah raga diadakan setiap hari Ahad secara bersama seperti sepak bola, tenis meja, bola volly, bulu tangkis, renang, dan lain-lain.
7. Seni Hadrah
8. Istimaul Quran dan Parenting setiap lapanan sore di asrama panti.
Kegiatan Eksternal
1. Acara dengan donatur, Anak Asuh LKSA Darul Hadlonah sering diundang para donatur dalam acara-acara/hajat, tasyakuran, pengajian dll.
2. Out bound atau rekreasi, kegiatan ini biasanya diadakan setiap tahun  di saat liburan kenaikan kelas bersama dengan para pengurus LKSA Darul Hadlonah guna mempererat  rasa kebersamaan, tali silaturahim dan mengurangi kejenuhan.
3. Kunjungan ke Panti Asuhan Lain


Alamat
Gatak RT 02 RW 05 Kiringan Boyolali Jawa Tengah
Kode Pos 57314
Telepon: (0276) 324156