PAUD IT Mutiara Umat Bojong Pekalongan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
PAUD IT Mutiara Umat Bojong Pekalongan

Profil
PAUD IT Mutiara Umat Bojong didirikan pada tanggal 12 juni 2012 dalam status terdaftar dan baru diresmikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013 dibawah Yayasan Bina Mandiri. Pendirian PAUD ini dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat setempat yang memang belum begitu memahami pentingnya pendidikan anak usia dini Pada awal pendirian PAUD hanya ada 15 siswa yang belajar di PAUD namun untuk semester kedua bertambah menjadi 25 siswa.

Dan pada saat pengajuan PAUD ke Dinas Pendidikan saat itu jumlah murid yaitu 27 siswa. Pada tahun kedua secara keseluruhan menjadi 40siswa. Dan pada tahun ketiga jumlah keseluruhan ada 72 siswa. Hal merupakan berlangsung berkat dukungan yang diberikan masyarakat terhadap kehadiran PAUD IT Mutiara Umat Bojong. PAUD IT Mutiara Umat Bojong terletak di Komplek perumahan Aditama Ketitang kidul RT 06 RW 02 Bojong Pekalongan 51156 propinsi Jawa Tengah.

Visi dan Misi
a.Visi
Membentuk Genarasi yang berkarakter Islami, cerdas, Sehat dan Alami
b.Misi
1)MewujudkanPendidikan yang Berbasis Karakter Islami.
2)Mewujudkan Sekolah Sehat secara Rukhani dan Jasmani
3)Menjadikan Pribadi Muslim yang Tangguh dan Mandiri
4)Mejadikan Sekolah yang Berkualitas secara Akhlak dan Akademik|
5)Memunculkan Generasi Unggul yang Tahan terhadap Tantangan ke depan.

Sistem pendidikan
PAUD IT Mutiara Umat Bojong menerapkan metode BBCT (Beyond Centers and Circle Time atau BCCT) yang dikenal dengan pembelajaran Sentra dan Lingkaran Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran adalah pendekatan penyelenggaraan PAUD yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak, yaitu
(1)pijakan lingkungan main
(2) pijakan sebelum main 
(3) pijakan selama main 
(4) pijakan setelah main

Kurikulum
PAUD IT Mutiara Umat Bojong mempunyai ciri khas kurikulum. Ciri khas kurikulum ini disesuaikan dengan visi dan misi PAUD IT Mutiara Umat Bojong yaitu Membentuk Genarasi yang berkarakter Islami, cerdas, Sehat dan Alami Kurikulum khas itu adalah kurikulum yang dibuat oleh jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT). Kurikulum dari JSIT ini yaitu memadukan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum. Dari dua unsur ilmu yaitu ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum dipadukan menjadi satu keterpaduan atau disebut Islam Terpadu.

Hal ini seperti yang dipaparkan oleh Ustadzah Supiyah salah satu pendidik di PAUD IT Mutiara Umat Bojong. Kurikulum PAUD IT selain menggunakan kurikulum yang sesuai dengan diknas kami juga menggunakan kurikulum dari JSIT Kurikulum JSIT ini disesuaikan dengan ciri khas sekolah dan disesuaikan dengan visi dan misi dari PAUD itu sendiri 5 Dalam penerapan pendidikan akhlak, PAUD IT Mutiara Umat Bojong lebih menonjolkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan menanamkan akhlak bagi anak seperti praktek sholat setiap minggu 2 kali, selalu melaksanakan adabmakan yang baik, adabberdoa,dan sopan santun.

Materi pendidikan akhlak di PAUD IT Mutiara Umat
a.Adab makan
1)Cuci tangan
2)Membaca doa
3)Makan dan minum sambil duduk
4)Menggunakan tangan kanan
5)Tidak bicara saat makan
6)Berdoa selesai makan
7)Cuci tangan setelah makan.
b.Sopan santun
Sopan santun adalah menjadi salah satu materi yang diajarkan dalam pendidikan akhlak. Karena dengan sopan santun yang baik dapat menunjukkan akhlak yang baik dari anak. Sopan santun itu bisa dilihat dari cara mereka bertutur kata dan bersikap dengan teman dan guru. Sikap sopan santun ini meliputi mencium tangan, mengucapkan terimakasih setelah menerima sesuatu dll.
c.Ibadah
Untuk materi ibadah peserta didik melakukan adab berdoa, membaca surat pendek, tata cara wudhu dan sholat. 

Alamat
Komplek perumahan Aditama Ketitang kidul RT 06 RW 02 Bojong Pekalongan propinsi Jawa Tengah.
Kode Pos: 51156