Santri Goes to Papua: Gelar Shalawat dan Mendoakan Pahlawan

 
Santri Goes to Papua: Gelar Shalawat dan Mendoakan Pahlawan

LADUNI.ID, Sorong - "Karena besok adalah hari kemerdekaan, maka kita berkumpul malam ini adalah untuk mendoakan para pahlawan," ucap saya ketika membuka acara kirim doa untuk para pahlawan malam tadi, 16 Agustus 2020.

Acara yang terbilang mendadak ini, saya sampaikan ketika ada tokoh pemuda Kurwato yang usul ingin membikin acara renungan di malam tanggal 17 Agustus ini. Saya jelaskan usul saya itu bahwa renungannya dilangsungkan setelah kita mengirim doa untuk para pahlawan saja. Dan disepakatilah usul saya itu.

Beberapa hari sebelumnya, dalam sebuah pertemuan, seorang teman di sini mengajak saya untuk membikin Majlis Sholawat dengan membaca Maulid Ad-Dibai. Sebuah majlis yang diadakan sebulan sekali dan tempatnya bergiliran. Saya dan beberapa teman pun mengiyakan. Namun, kapan waktunya belum ditentukan.

Karena sebelumnya usul saya kirim doa untuk para pahlawan di Kurwato telah disepakati, spontan pun saya usul agar pembacaan Maulid itu sekalian saja dilangsungkan di Kurwato. Setelah semua teman-teman setuju, dimulailah malam tadi untuk pertama kalinya rutinan pembacaan Maulid Ad-Dibai dilangsungkan. Semoga benar-benar bisa istiqomah diadakan setiap sebulan sekali. Amin.

Meskipun dimulai tergolong cukup malam, karena waktu sudah menunjukkan pukul sepuluh kurang lima menitan, masyarakat pun cukup banyak yang hadir. Tidak demikian dengan anak-anak. Biasanya kalau ada acara-acara semuanya ikut, kali ini hanya sedikit. Maklum, waktu memang sudah malam. Apalagi ditambah hujan sejak sore hari.

Karena itu, setelah acara saya buka, saya pun langsung menginjak ke Tahlilan dan pembacaan Maulid Ad-Dibai. Alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada hambatan. Semoga saja upaya kita yang tidak seberapa ini bisa menjadi wasilah kedekatan kita pada para pahlawan bangsa yang telah rela mengorbankan harta, bahkan nyawanya. Juga semoga Alloh SWT. mengampuni segala dosa-dosa mereka dan menempatkan mereka di surgaNya. Amin.

 

===============================================================
Catatan tambahan:
Anda bisa turut serta membantu dalam bentuk dana untuk pengembangan dakwah Islam di wilayah pedalaman Papua Barat dengan mengirimkan ke:
Rekening bank Mandiri
atas nama Yayasan Dakwah Islam Aswaja
nomor rekening 070.00.0664.8054.
Konfirmasi ke Koordinator SGTP III dengan bapak Aidy Ilmy HP/WA 0812.1011.796.
Mohon menambahkan jumlah transfer dengan akhir digit "99", contoh Rp 500.099;

Catatan:
1. Kami tidak memungut biaya administrasi dan menyalurkan keseluruhan dana ke kegiatan di Papua Barat.
2. Untuk mengunjungi lokasi dapat menghubungi koordinator di tempat dengan ustadz Agus Setyabudi di HP./WA. 0852.2774.8441.
3. Bangunan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah di kompleks pemukiman suku Kokoda di Kurwato adalah sumbangan dari kegiatan SGTP I-III.
4. Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah memperoleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU: 0028651.AH.01.04.

 

#SantriGoesToPapua #PPMaswaja #LTNPBNU #MuslimPapua #SukuKokodaKurwato