Panti Asuhan Al-Choiriyah Seblak Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Al-Choiriyah Seblak Jombang

Profil
Panti Asuhan Al-Choiriyah dirintis dan didirikan oleh Nyai Hj. Djamilah Ma’shum dengan mulai  mengasuh 10 anak yatim sejak 1 Ramadhan 1406 H (bertepatan dengan 10 Mei 1986). Dalam  perkembangannya, pelayanan Panti Asuhan Al-Choiriyah yang beralamat di Jalan Pondok  Seblak No. 16 Kwaron Diwek Jombang ini juga ditujukan untuk membantu anak-anak dari  keluarga kurang beruntung (dhuafa’) yang punya ghirah menimba ilmu dan menempuh pendidikan di pesantren. 
 
Terinspirasi spirit pemberdayaan perempuan yang digagas oleh Sang Ibu, Nyai Hj. Khoiriyah  Hasyim (putri Hadlratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari), pelayanan Panti Asuhan Al-Choiriyah  diprioritaskan bagi anak asuh perempuan. Anak laki-laki direkrut dengan seleksi yang lebih  ketat dan jumlah terbatas. 
 
Panti Asuhan Al-Choiriyah mengalami beberapa fase perkembangan badan hukum  kelembagaan. Bermula dari sebuah unit lembaga di bawah Yayasan Pondok Pesantren  Salafiyah Syafi’iyah Khoiriyah Hasyim (1986), di bawah kepemimpinan Nyai Hj. Djamilah  Ma’shum (cucu Hadlratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari) yang juga pendiri Panti Asuhan  Al-Choiriyah.  
 
Pada 2012, karena adanya ketentuan dari Kementerian Sosial RI, badan hukum Panti Asuhan  Al-Choiriyah kemudian berubah menjadi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Saat ini,  LKSA Al-Choiriyah telah berbadan hukum Yayasan dengan Akta Notaris Dhevita, SH., M.Kn 
No. 01 Tanggal 1 Februari 2016 dan SK Menkumham RI No. AHU-0006043.AH.01.04.Tahun 2016. Selama 34 tahun lebih mengabdi, Panti Asuhan Al-Choiriyah telah membantu ratusan anak asuh menempuh pendidikan hingga jenjang Madrasah Aliyah. Sebagian anak asuh yang  memenuhi kualifikasi diberi kesempatan melanjutkan studi S-1 bahkan hingga S-2. 
 
Pada 2016, Panti Asuhan Al-Choiriyah melayani 57 anak asuh (yatim/piatu/tidak mampu). Mereka menempuh pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah  Aliyah, SMK hingga jenjang S-1 di beberapa perguruan tinggi. Sebagian anak asuh yang telah  lulus S-1 dan S-2 juga turut mengabdikan diri di tempat yang telah membesarkan mereka  dengan menjadi Ustaz atau Pembina bagi anak asuh lainnya. 

Visi dan Misi
Visi: 
Kreatif dalam Berkarya, Unggul dalam Prestasi, Bertaqwa dan Berakhlaqul Karimah. 
Misi: 
1.Mendidik muslim yang bertaqwa dan berakhlaqul karimah dalam bingkai manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah (Aswaja). 
2.Membentuk individu dengan karakter dan pribadi unggul yang tawadhu’ dan toleran terhadap sesama. 
3.Meningkatkan prestasi anak asuh dengan tarbiyah dan ta’lim serta bekal keterampilan yang relevan dengan tantangan zaman. 

Susunan Pengurus 
PEMBINA 
Ketua 

dr. H. Ali Faisal, Sp.A  
Anggota 
1. Dra. Sri Wahyuni 
2. drg. Halida Rianti Elsa Putri  
3. Dra. Hj. Mahshunah 
4. Hj. Nur Laili Rahmah, M.Pd.I 
PENGURUS 
Ketua  

H. Nur Hidayat, S.Ag 
Wakil Ketua 
1. Maduri, S.Ag  
2. Jasminto, M.Pd.I 
Sekretaris 
1. Makhinu, S.Ag 
2. Mukani, M.Pd.I 
Bendahara  
1. Feri Sriafandi, S.Kom 
2. Miftahul Ulum, S.Pd.I 
PENGAWAS 
Ketua 

KH. Lutfi Sahal 
Anggota 
H. Muhammad Hasyim, MA 



Aktivitas dan Kegiatan
1. Pendidikan Formal
2. Kegiatan Keagamaan
   - Sholat Berjama'ah
   - Taddarus Al-Qur'an
   - Bimbingan Akhlaq
   - Kitab Kuning
   - Latihan Dakwah dan Ceramah
3. Olahraga
   - Tenis Meja
   - Sepak Bola/Futsal
   - Wushu
   - Volly Ball
4. Kesenian
   - Al-Banjari, Qosidah
5. Keterampilan
   - Tata Boga
6. Tahfidzul Qur'an

Alamat
Jalan Pondok Seblak No. 16 Kwaron Diwek, Seblak, Jombang, Jawa Timur 
Kode Pos: 61471
Email: panti@seblak.net 
Contact Person:  Fery Sriafandi (0857-3053-0437) 
Akun FB: https://m.facebook.com/pantiseblak