Semua dalam Kendali Tuhan

 
Semua dalam Kendali Tuhan

LADUNI.ID, Jakarta - Setiap kehidupan ujiannya pasti ada, semua orang pernah mengalaminya. Kesedihan, kekecewaan, kehilangan orang dicintai, kesulitan keuangan, difitnah, dihina, dikhianati serta dimanfaatkan dengan orang yang selama ini kita bantu. Tentu hal tersebut membuat kita merasa  tidak terima, dari dalam lubuk hati terus menolak apa yang sudah  terjadi.

Setelah melewati ujian tersebut, kita harus yakin bahwa semuanya akan berlalu dan baik-baik saja, karena kita sadar bahwa tidak semua yang diharapkan dapat berjalan sesuai apa yang kita inginkan. Marah, kesal, sedih, itu luapan emosi yang wajar. Asal  jangan terperangkap di dalamnya, dengan berlarut-larut dalam situasi itu.

Baca juga: Profesor Asal Indonesia dan Mustasyar PCI-NU Ini Jadi Dosen Terbaik di Jerman

Kita harus sadar dan yakin apa yang sedang kita alami dalam setiap kehidupan kita, bukanlah sebuah hukuman, melainkan sebuah kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kita harus percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita semua dalam kendali Tuhan, semua yang buruk akan hilang digantikan dengan segala kebaikan. Tuhan sedang mempersiapkan, menguatkan dan membentuk kita menjadi pribadi yang jauh lebih hebat dengan kehidupan yang jauh lebih baik.

Baca juga: Bule Rusia yang Ajak Bayinya Ngamen Demi Makan Ini Ternyata Mengagumi Muslim NTB, Kenapa?

Belajarlah untuk melupakan dan melihat kedepan, jadikan semuanya pembelajaran. Maafkanlah orang-orang yang sudah melukaimu terutama memaafkan dirimu sendiri. Tidak perlu mengeluh dengan apa yang sudah terjadi, karena segala yang hilang akan di gantikan dengan yang jauh lebih baik.

Jangan biarkan dirimu larut dalam kesedihan,  tetap tegar dan melangkah dengan kesabaran,  tetap senyum dalam ketulusan dan bersyukur disaat sulit sekalipun. Karena di dalam kehidupan ini, kita tidak dituntut untuk membuat semua orang percaya ataupun memberi penilaian baik kepada kita.

Baca juga: Indah yang Indah, Sepak Terjang Bupati Luwu Utara

Lakukan segalanya dengan versi terbaikmu apapun hasilnya, persiapkan masa depanmu dengan baik,di saat yang bersamaan Tuhan akan memperbaiki nasibmu dan mempertemukanmu dengan orang-orang baik pula menemani langkahmu dalam kebaikan.


Suntanti Idris, S.E., CMC
Founder Aoaife Social & Aktivis PMII