Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (4): Kelebihan Hamba Allah Daripada Makhluk Lain

 
Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (4): Kelebihan Hamba Allah Daripada Makhluk Lain

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan ini merupakan seri pengantar penulis kitab Syajaratul Ma’arif Tangga Menuju Ihsan, yang ditulis oleh Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam. Di dalam edisi ini akan dibahas mengenai Kelebihan Hambah Allah dan Sebab-sebab keutamaan atau kemuliaan. Selamat membaca.

Hamba yang paling Allah cintai dan paling mulia di sisi-Nya adalah hamba yang mengerti dengan sebenarnya apa yang dimiliki Tuhannya dari sifat-safat pengagungan, sifat-sifat kesempurnaan  dan tentang apa yang telah Dia berikan kepada hamba-hamba-Nya berupa kenikmatan dan keutamaan. Juga, pengetahuannya tentang segala hal yang mustahil bagi-Nya dari aib-aib dan cela, sifat-sifat kekurangan, berubah-ubah dan binasa. Juga, mengetahui tentang hal-hal yang boleh bagi-Nya untuk dilakukan berupa perintah dan larangan, nasihat dan peringatan keras, kabar gembira dan pengurusan, mengumpulkan hamba-hamba-Nya dan menebarkan, memberikan sanksi dan balasan, menginakan dan meuliakan.

Mereka tidak emnyambah pada selain Allah atau mencari selain ridah-Nya. Mereka telah hadir di sisi Tuhannya, sehingga tidak pernah mengeluh selain pada-Nya dan tidak akan pernah menyerah diri selain pada-Nya. Mereka hadir dalam taman-taman makrifat-Nya, dan menatap kesempurnaan sifat-sifat-Nya. Jika mereka melihat pada kemuliaan-Nya mereka sangat takut pada-Nya dan fana di dalam-Nya. Jika dia menatap pada keindahan-Nya maka dia akan mencintai dan luluh, jika dia melihat apda sengitnya siksa-Nya dia akan ngeri dan takut luar biasa. Jika menetap pada keluasan rahmat-Nya dia akan penuh harap pada-Nya dan akan bertaubat pada-Nya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN