Pondok Pesantren Al-Ittihaad Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pondok Pesantren Al-Ittihaad Banyumas

Profil

Pondok Pesantren Islam Al Ittihad, berdiri di bawah naungan Yayasan Al-Ittihad Kebarongan Kemranjen Banyumas, memulai pendidikan Pesantren murni pada tahun pelajaran 2008 – 2009 M sampai hari ini, dan akan terus berazam untuk mencetak generasi du’at yang siap secara fisik dan mental untuk menghadapi tantangan da’wah dari masa ke masa.

Pada awal tahun 1958  KH. Achmad Sa’dullah Majdi muda mendirikan Madrasah Diniyah di Desa Pasir Kidul (waktu itu masih wilayah Kecamatan Karanglewas) bersama beberapa sahabat yang masih berdomisili satu desa, yang juga Alumnus dari berbagai pondok pesantren dan telah muqim terlebih dahulu, antara lain Achmad Moendzir dan Achmad Moenir serta para pemuka masyarakat Pasir Kidul, guna tukar pikir dan bermusyawarah untuk mewujudkan adanya tempat pendidikan.

Selanjutnya atas kesepakatan para ulama dan tokoh masyarakat, beliau KH. Achmad Sa’dullah Majdi ditunjuk sebagai motor dan pengelola pendirian Madrasah Diniyah yang kemudian dinamakan Madrasah Salafiyah Al-Ittihaad Pasir Kidul.

Pada waktu itu sarana untuk belajar para santri, masih menempati sebuah Musholla sederhana lagi kecil yang baru saja beliau dirikan. Setelah ada perkembangan jumlah santri, serta atas kehendak dan dukungan masyarakat sekitarnya, maka pada pada hari Rabu Pahing, 18 Nopember 1959 M. bertepatan 17 Jumadal Ula 1379 H. berdirilah sebuah madrasah yang berlokasi di sekitar rumah kediaman beliau di Jalan Achmad Zein Gang III Pasir Kidul (gang III ini sekarang bernama jalan KH. Achmad Sa’dullah Majdi).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.