Hukum Berpuasa untuk Menguruskan Badan Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

 
Hukum Berpuasa untuk Menguruskan Badan Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan tentang bagaimana hukum berpuasa untuk menguruskan badan dalam pandangan Prof. Habib Quraish Shihab.

***

Saya selalu gemuk dan selalu sulit untuk menguruskan badan. Bolehkah kita niat puasa sunnah, seperti puasa Senin Kamis atau puasa Daud, tapi juga punya niat untuk menguruskan badan?

Kirana, Pengusaha, Dago, Bandung

Ibadah harus dilakukan dengan ikhlas, yakni demi karena Allah. Kendati demikian, ulama membolehkan menggabungkan dua niat yang berbeda, selama kedua hal tersebut atau salah satunya tidak dilarang agama, sebagai contoh Allah mewajibkan kita berhaji demi karena Allah, tetapi dalam saat yang sama Allah juga membenarkan yang melaksanakan haji untuk berdagang di tanah suci dan di musim haji.

Allah berfirman: “Tidak ada dosa bagi kamu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu,” yakni ketika melaksanakan ibadah haji (QS. al-Baqarah 2:198).

Dengan demikian, tidak ada halangan menggabungkan niat berpuasa bersama niat dengan menjaga kesehatan atau kecantikan, karena menjaga kesehatan dan kecantikan adalah anjuran Allah SWT. Demikian, wa Allah A’lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.