Doa KH. Adlan Aly yang Dapat Diamalkan bagi Para Penuntut Ilmu dan Penghafal Al Qur’an

 
Doa KH. Adlan Aly yang Dapat Diamalkan bagi Para Penuntut Ilmu dan Penghafal Al Qur’an

LADUNI.ID, Jakarta - Setiap pondok pesantren memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam berbagai disiplin ilmu. Ciri khas tersebut tentu akan menjadi ingatan kolektif kepada diri santri-santrinya. Termasuk dalam hal amalan atau wiridan yang diberikan seorang kiai atau ibu nyai pengasuh pondok pesantren pun akan menjadi sebuah tradisi bagi para santri.

Terkadang amalan yang diwariskan oleh kiai atau nyai pesantren tersebut juga merupakan amalan yang diberikan gurunya saat beliau masih menjadi santri di pondok pesantren terdahulu.

Seperti halnya amalan doa yg diberikan oleh muassis Pondok Pesantren Putri Walisongo pertama, KH. Adlan Aly. Beliau mewariskan amalan berupa doa untuk mencerdaskan akal dan doa untuk menghafal al-Quran.

Doa ini diambil dari QS. al-Anbiyaa ayat 79, dengan mengamalkan doa ini diharapkan dapat mencerdaskan akal orang yang membacanya, ayat tersebut sebagai berikut :

فَفَهَّمْنَٰهَا سُلَيْمَٰنَ ۚ وَكُلًّا ءَاتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا ۚ وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُۥدَ ٱلْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَٱلطَّيْرَ ۚ وَكُنَّا فَٰعِلِينَ

Artinya: “Maka Kami memberikan pengertian kepada Sulaiman (tentang hukum yg lebih tepat), dan kepada masing2, Kami berikan hikmah dan ilmu, dan Kami tundukkan gunung2 dan burung2, semua bertasbih bersama Dawud. Dan Kamilah yg melakukannya.”

Doa tersebut dibaca baik sebelum belajar maupun setelahnya, bisa juga dibaca setelah sholat Magrib. Diharapkan dengan membaca ayat ini Allah SWT memberikan pemahaman seperti apa yang Allah SWT berikan kepada Nabi Sulaiman serta dapat memecahkan problematika kehidupan.