Hukum Shalat Dikelilingi oleh Anak atau Cucu Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

 
Hukum Shalat Dikelilingi oleh Anak atau Cucu Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan tentang hukum shalat dikelilingi oleh anak atau cucu dalam pandangan Prof. Habib Quraish Shihab.

***

Bagaimana hukumnya bila sedang shalat, lalu anak atau cucu berada di sekitar kita atau bahkan bergelantungan pada kita yang sedang shalat ?

Sriningsing, Jakarta Utara

Yang shalat dikelilingi oleh anak dan cucunya atau bahkan siapapun yang masih kecil, yang bergelantungan kepadanya adalah sah, asal pakaian atau badan anak tersebut tidak najis ketika dia bergelantungan.

Nabi Muhammad Saw pernah shalat sambil menggendong cucu beliau atau anak putri beliau Zainab ra, lalu ketika ruku’ beliau meletakan dan menggendongnya lagi untuk kemudian melanjutkan shalat, demikian shalat beliau selesai.

Riwayat lain menyebutkan bahwa cucu beliau, (putra pasangan Ali Ibnu Abi Thalib dan Fatimah az-Zahra), yakni Hasan dan juga Husain pernah menunggangi punggung beliau ketika sedang sujud sehingga sujud beliau cukup panjang, setelah selesai shalat, beliau menjelaskan bahwa “Beliau enggan mengangkat kepala dari sujud sebelum cucu itu puas”.

Memang shalat harus khusyu tetapi perlu juga diingat bahwa salah satu tujuannya adalah bersikap lemah lembut dan kasih kepada sesama, lebih-lebih anak-anak kecil yang belum paham. Sehingga wajar jika anak-anak itu dibiarkan berada di sekililing dan bergelantungan sambil berupaya untuk menyesuaikan gerak shalat dengan keselamatan anak-anak itu. Demikian, wa Allah A’lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.