Kehebatan Surat Al-Insyirah Menurut Imam Syafi’i

 
Kehebatan Surat Al-Insyirah Menurut Imam Syafi’i

LADUNI.ID, Jakarta - Al-Imam Asy-Syafi’i Rohimahulloh berkata:

“Barang siapa ingin merasa kenyang dan sabar dari rasa lapar, maka bacalah surat Alam Nasyroh sebanya 7 (tujuh) kali,
“Dan barang siapa ingin marahnya menjadi santun, maka bacalah surat Alam Nasyroh setiap hari sebanyak 1 (satu) kali,
“Dan barang siapa ingin merasakan tidur yang sedikit namun merasa cukup baginya, Maka bacalah surat Alam Nasyroh 3-7 (tiga atau tujuh) kali ketika hendak tidur.
“Dan barang siapa ingin kesulitannya dipermudahkan oleh Allah, maka bacalah surat Alam Nasyroh 3 (tiga) kali setiap selesai shalat fardlu lima waktu.”

***

Dalam keterangan lain juga disebutkan beberapa kehebatan Surat al-Insyirah (Alam Nasyroh) sebagai berikut.

Pertama, barang siapa membaca Alam Nasyroh setiap selesai shalat fardhu, maka Allah SWT akan memudahkan segala urusannya, dan dimudahkan rizqinya dengan datang tanpa di duga-duga, serta dijauhkan dari segala macam kesulitan dan kesukaran.

Kedua, barang siapa membacanya 9 kali selesai shalat fardlu, maka Allah SWT akan melapangkan dadanya dari sifat kesal, jenuh, jengkel dan dilapangkan rizqinya dan Segala urusannya menjadi serba mudah.

Ketiga, barang siapa membaca surat Alam Nasyroh sebanyak 41 kali selama 7 hari berturut-turut tanpa putus yang dimulai hari Ahad (Minggu) sampai dengan hari sabtu, maka insya Allah, dengan izin Allah SWT ia akan diberi kecukupan rizqi, diberi kekayaan hati, dan diberikan rizqi yang sangat luas dengan jalan tidak terduga.

Kemudian, bila anda mempunyai suatu Hajat yang sangat besar seperti ingin Naik Haji, dan lain-lain dan ingin agar hajat anda bisa dikabulkan oleh Allah SWT, maka anda berpuasalah selama 7 hari yang dimulai dari hari Jum’at, dan selama menjalani puasa tengah malamnya anda Shalat Hajat Khusus yaitu 4 (empat) Roka'at dengan 2 kali salam, dan selesai shalat bacalah istighfar 100 kali dan shalawat fatih 100 kali, kemudian membaca surat Alam Nasyroh 1000 kali, lalu berdo'a lah kepada Allah tentang apa yang dihajatkan, insya Allah bila anda serius dan tekun, maka akan dimudahkan segala hajat kami atas ridha-Nya. Amin ya Rabbal ‘alamiin…

Selain itu, bila anda membaca surat Alam Nasyroh sebanyak 200 kali sesudah shalat Dhuha yang 4 roka'at setiap harinya, maka Allah SWT akan memperlihatkan berbagai perkara-perkara ghoib kepadanya yang tidak bisa dilihat oleh manusia.

Jika anda mempunyai suatu hajat kepada Allah SWT, baik soal rizqi, mencari pekerjaan yang cocok, dan dimudahkan mendapatkan jodoh yang terbaik, maka bacalah surat Alam Nasyroh sebanyak bilangan jumlah hurufnya yaitu 102 kali setiap malam setelah shalat Tahajjud ataupun hajat selama 7 hari berturut-turut tanpa putus.

Caranya: setelah shalat Hajat 2 (dua) Roka'at, lalu membaca istighfar 100 kali dan shalawat fatih 100 kali, kemudian bacalah surat Alam Nasyroh 102 kali, lalu memohon hajatnya, maka Insya Allah akan tercapai, Bila sangat penting, usahakan dengan berpuasa pada siang harinya, agar lebih maqbul.

والله اعلم بالصواب

Semoga bermanfaat.

***

 

Oleh: Nita Hanita
Editor: Muhammad Mihrob