Kisah Wali Jadzab yang Ditunda Kematiannya Sebelum Bertemu Abah Guru Sekumpul

 
Kisah Wali Jadzab yang Ditunda Kematiannya Sebelum Bertemu Abah Guru Sekumpul

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika acara selamatan di rumah H Ahmad Marzuki (Bangil, Jawa Timur), tiba-tiba datang seorang Habaib yang menumpang sebuah becak, perawakan tubuh agak pendek, dia adalah Habib Abdullah Baroqbah yang majdzub.

Sesampai beliau di pintu rumah, beliau menanyakan: “Adakah di sini yang bernama Muhammad Zaini?” Waktu itu Guru Zaini masih di kamar al-‘Alimul ‘Allamah Tuan Guru Syarwani Abdan (Guru Bangil), yang letaknya bersebelahan dari rumah H. Ahmad Marzuki.

H. Ahmad Marzuki menyampaikan kepada al-‘Alimul ‘Allamah Tuan Guru Syarwani Abdan bahwa Habib Abdullah Baroqbah mencari Guru Zaini ingin bertemu.

Ragu-ragu untuk menemuinya, Guru Zaini bertanya kepada al-‘Alimul ‘Allamah Tuan Guru Syarwani Abdan:

“Gimana saya kak, beliau lain orang kita, beliau (majdzub), kalau kita (salik)?”

“Temui aja ding ai, kasian beliua jauh-jauh datang pengen ketamu lawan ikam,” jawab Tuan Guru Syarwani Abdan dan mengizinkannya untuk menemui Habib Abdullah Baroqbah tersebut.

Setelah pertemuan, maka Habib Abdullah Baroqbah, berseru: “Marhaban, Marhaban Ahlan wa Sahlan, ana sudah tujuh tahun menunggu enta, dan ana sudah beberapa kali sampaikan kepada malakal maut untuk menunda kematian ana, dengan berdo’a mudahan-mudahan ana tidak dimatikan kecuali sesudah bertemu enta,” kata beliau lagi, “Enta min Auliyaillah, Enta min Auliyaillah, Enta min Auliyaillah.”

Sebenarnya antara Habib Abdullah Baroqbah dan Abah Guru Zaini tidak pernah saling bertemu, namun pertemuan mereka hanya di dalam mimpi. Sesudah pertemuan itu, Habib Abdullah Baroqbah pun meminta diri untuk pulang, tanpa mengikuti acara selamatan tersebut. Dan Guru Zaini Abah Guru Sekumpul juga kembali ke tempat Guru Bangil.

Sesampainya di hadapan Guru Bangil, Guru Zaini berkata, “Nah tebuka am aurat ka ai.”

Dijawab oleh Guru Bangil, “Kada papa ding ai, inya kada ikam jua nang membuka, tapi angin… kada papa…” sahut Guru Bangil. Mereka kemudian menuju acara selamatan bersama-sama.

Adapun Habib Abdullah Baroqbah tidak berapa lama sesudah bertemu dengan Guru Zaini, beliau akhirnya wafat, kembali keharibaan Allah.

Subhanallah….