6 Tanda Orang yang Mencintai Nabi Muhammad SAW

 
6 Tanda Orang yang Mencintai Nabi Muhammad SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Mencintai Nabi Muhammad SAW adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi umat Islam. Ada perasaan tenang dan tenteram dengan mencintai kekasih Allah SWT. Tetapi adakah bukti yang menunjukkan cinta tersebut?

Terkait hal itu, terdapat beberapa ciri tentang orang yang mencintai Nabi Muhammad SAW. Di dalam Kitab An-Nurul Mubin fi Mahabbati Sayyidil Mursalin, karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, dijelaskan ada enam tanda seseorang benar-benar mencintai Nabi Muhammad SAW. Berikut keterangannya;

1. Senantiasa meneladani Rasulullah SAW

Melaksanakan sunnahnya, mengikuti sabdanya, mencontoh perbuatannya, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Meneladani akhlaknya, baik dalam kondisi sulit maupun mudah, dalam kondisi senang ataupun tidak senang. Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Surat Ali Imran ayat 31.

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

2. Banyak menyebut namanya (bershalawat)

Karena orang yang mencintai sesuatu/seseorang, dia akan banyak menyebutnya. Dengan demikian, mencintai Rasulullah SAW meniscayakan seseorang muntuk senantiasa bershalawat kepadanya. Shalawat adalah salah satu ibadah yang sangat istimewa. Sebab, Allah SWT bersama malaikat-Nya juga senantiasa bershalawat untuk Rasulullah SAW.  

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN