Cara Menghormati Kedua Orang Tua Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

 
Cara Menghormati Kedua Orang Tua Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan tentang siapa yang harus didahulukan, menghormati ibu atau bapak dalam pandangan Prof. Habib Quraish Shihab.

***

Anak harus dididik menghormati ibu bapaknya, dan bahwa ibu didahulukan tiga kali ketimbang bapak. Apakah harus selalu demikian sehingga jika ibu memanggill, dan bapak pun memanggil anak harus data kepada ibu?

Titin, Kebayoran Baru, Jakarta

Benar bahwa Rasulullah Saw memberi petunjuk kepada seorang yang bertanya tentang siapa yang paling wajar mendapat pelayan dan pengabdian, lalu beliau menjawab “ibumu” dan ketika beliau ditanya, “siapa lagi sesudahnya?” beliau masih menjawab “ibumu”. Demikian sampai tiga kali, baru beliau menjawab “ayahmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahwa ibu yang didahulukan wajar, bukan saja karena peranan ibu yang mengandung, melahirkan dan menyusukan anak, masing-masing dari ketiga hal ini lebih berat ketimbang peranan bapak yang sekedar “menumpahkan benih”, itupun dengan kenikmatan.

Namun demikian, itu bukan berarti ibu selalu harus didahulukan atas ayah. Karena bisa jadi ada situasi yang dialami ayah, yang menuntut untuk segara dipenuhi ketimbang ibu yang tidak mengalami situasi sepenting itu.

Dengan demikian, pengulangan tiga kali itu sekedar menunjukan keharusan mendahulukan ibu pada saat kondisi ibu serupa dengan kondisi ayah. Demikian, wa Allah A’lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.