Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang Suami yang Sering Membentak Istri

 
Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang Suami yang Sering Membentak Istri

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang suami yang sering membentak istri.

***

Bagaimana hukumnya suami membentak istri? Setahu saya suami tidak boleh melakukan kekerasan fisik maupun batin kepada istri, begitu pun sebaliknya. Suami saya sering membentak saya, alasannya karena dia kecewa atas sikap-sikap saya. Bentakan dia menyebabkan saya trauma sampai saya trauma sampai saya sakit. Dan setiap saya ingatkan, selalu dibilang bahwa agama tidak melarang suami membentak istrinya. Benarkah, Pak?

Anggi, Jakarta

Benar, agama tidak melarang suami marah dan membenatak istrinya, tapi dengan syarat bahwa bentakan itu wajar. Istri pun tidak dilarang menegur dan marah pada suaminya jika itu pada tempatnya, tetapi bila tanpa alasan yang benar, maka itu melanggar hak. Seorang sahabat Nabi Muhammad Saw menyebut beberapa hal antara lain “Tidak memakinya dan tidak meninggalkannya dari rumah karena marah atau benci” (HR. Ahmad dan Abu Daud).