Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum, Pare, Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum, Pare, Kediri

PROFIL

Pada awal berdirinya, pondok pesantren ini berkonsentrasi pada pendalaman kitab-kitab salaf. Namun ketika kepemimpinan pondok pesantren dipegang oleh KH Muhsin Isman, terjadi penambahan materi pendidikan, yaitu program tahafudhul Qur'an yang menjadi bidang keahlian dari KH. Muhsin Isman. Program ini secara tidak langsung berpengaruh pada nama pesantren yang mendapat tambahan “TAHFIDHIL QUR'AN” yang menunjukkan bahwa pondok ini berkonsentrasi pada bidang menghafal al Qur'an, sehingga nama pondok yang dahulu Pondok Pesantren Sirojul 'Ulum berubah menjadi Pondok Pesantren Tahfidhil Qur'an Sirojul 'Ulum.
 
Penambahan materi ini dimulai sejak KH. Muhsin Isman menempati rumah baru yang terletak di samping rumah mertuanya. Dan juga atas usulan para Kiai sepuh diantaranya KH. Imam Thoha dari desa Sukorejo Plemahan Kediri sekitar tahun 1984, tujuannya untuk melestarikan al Qur'an dan mencetak para penghafal al Qur'an (huffadh) yang mempunyai wawasan keagamaan yang mumpuni dan sifat amanah dalam mengembangkan serta melestarikan al Qur'an di kalangan masyarakat.

Perpindahan beliau ini diikuti oleh 14 santri putra dan putri. Semua tinggal dalam satu rumah dengan Kiai. Pada mulanya dengan nama dan program ini pondok pesantren terkhusus bagi santri yang menghafal al Qur'an, namun dikemudian hari nama tahfidhil Qur'an tidak hanya khusus bagi santri tahfidh saja, karena dalam perkembangannya pondok pesantren juga mendirikan madrasah diniyah salafiyah yang diberi nama Madrasatul Qur'an Sirojul 'Ulum atau lebih dikenal dengan istilah MAQSU. Sebelum berdiri madarasah tersebut, sebenarnya sudah ada pengajian kitab-kitab klasik/kitab kuning yang manggunakan sistem bandongan atau sorogan dikarenakan jumlah santri yang belum terlalu banyak.
 
Dalam menyikapi perkembangan zaman serta atas usulan dari wali santri dan alumni agar santri pondok pesantren tidak hanya menguasai ilmu keagamaan saja, namun juga dituntut untuk bisa menguasai ilmu pengetahuan yang bersifat umum. Maka pada tahun 1989 didirikan Roudlotul Athfal (RA) Sirojul dan selanjutnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan pada tahun 1991 didirikan Madrasah Ibtida'iyah (MI) Sirojul 'Ulum.

Seiring dengan adanya berbagai lembaga yang telah berdiri dan belum ada wadah organisasi yang menyatukan, maka berdirilah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Sunan Ampel pada tahun 1997 bersamaan dengan berdirinya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sunan Ampel yang telah berhasil meluluskan siswa pertamanya pada tahun 2000.

Pada tahun yang sama didirikan Madarasah Aliyah (MA) Sunan Ampel guna untuk menampung siswa/siswi lulusan MTs, yang pada saat itu  hanya membuka jurusan ilmu pengetahuan sosial. Hingga saat ini Madrasal Aliyah telah membuka tiga jurusan yaitu ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan jurusan agama (Ag).

Sedangkan jumlah santri Pondok Pesantren Tahfidhil Qur'an Sirojul 'Ulum hingga saat ini sekitar 500 santri, jumlah alumni putra sekitar 795, alumni putri sekitar 784 dan alumni huffadh sekitar 152 yang berasal dari  berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan ada yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia.

Pengasuh

  1. KH. Abdullah Anshori
  2. KH. Muhsin Isman

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MI
  2. MTs
  3. MA

Pendidikan Non Formal

1. Pondok Pesantren Kanak-Kanak Putra
2. Pondok Pesantren Kanak-Kanak Putri
3. Pondok Pesantren Dewasa Putra
4. Pondok Pesantren Dewasa Putri
5. Madrasah Diniyah Salafiyah (MAQSU)
6. Orientasi Kemasyarakatan
7. Keorganisasian

 BACA JUGA:  Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler di Pesantren  antara lain:

  1. Komputer online
  2. Jurnalistik
  3. Keterampilan
  4. Sholawat Al Banjari
  5. Seni Baca Al Qur'an
  6. Bela Diri
  7. Palang Merah Remaja
  8. Bola Volly


Khotmil Qur'an di Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum


Hadrah di Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum

BACA JUGA :  Bagaimana Hukumnya Bagian Tubuh Manusia sebagai Bahan Obat-obatan?

FASILITAS

Fasilitas di Pesantren   :

  1. Masjid
  2. Gedung Sekolah
  3. Asrama Pesantren
  4. Kantor
  5. Lab Komputer
  6. Lab. Bahasa
  7. Lab IPA
  8. Lapangan serbaguna
  9. MCK
  10. Aula
  11. Gudang


Gedung Sekolah di Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum


Gedung Pesantren di Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum

BACA JUGA: Pesantren Manbaul Ulum Kertak Hanyar Banjar

ALAMAT

Jl. Merak No. 10 Dusun Semanding, Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur

Telepon: (0354) 392570-390394

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.