Introspeksi Membaca Kisah Teladan Pemimpin Tuli Nonmuslim yang Adil dan Bijak

 
Introspeksi Membaca Kisah Teladan Pemimpin Tuli Nonmuslim yang Adil dan Bijak
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Suatu hari, seorang Darwisy (zahid/ugahari/bijak bestari) menemui “Amirul Mukminin" (pemimpin kaum muslimin) di istananya. Sang Darwisy sengaja diundang untuk dimintai nasihatnya. Ia kemudian mengatakan:

"Wahai Amirul Mukminin, aku baru saja pulang dari mengembara di negeri Cina. Pemimpin negeri itu mengalami sakit pendengaran sehingga tuli, dan tak bisa mendengar."

"Suatu hari, aku mendengar dia menangis. Ketika ditanya mengapa menangis, dia menjawab: 'Demi Tuhan, aku tidak pernah menangisi ketulianku. Aku telah menerima keputusan Tuhan atas diriku ini. Tetapi aku menangis karena melihat di depan pintu istanaku ada rakyatku yang hatinya sakit, karena teraniaya hak-haknya. Dia tampaknya menjerit meminta tolong, tetapi aku tidak mendengarnya. Meskipun demikian aku bersyukur kepada Tuhan karena mataku masih bisa melihat dengan jelas."

Dikisahkan, suatu hari Pemimpin Cina itu memanggil para menterinya. Dia meminta mereka untuk mengumumkan kepada rakyatnya bahwa siapa saja di antara rakyat yang dizalimi agar mengenakan baju merah.

Sang pemimpin kemudian naik di atas punggung gajah dan berkeliling menyusuri jalan-jalan di pelosok-pelosok negeri itu. Manakala matanya melihat orang berbaju merah dia memanggilnya dan memintanya agar menceritakan nasib dirinya. Ia kemudian memerintahkan para menteri untuk segera memperhatikan pengaduannya dan menyelesaikannya sesuai dengan hukum yang adil.

Si Darwisy tadi lalu mengatakan:

فَانْظُرْ يَا اَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ اِلَى شَفَقَةِ ذَلِكَ الْكَافِرِ عَلَى عِبَادِ اللهِ وَاَنْتَ مُؤْمِنٌ مِنْ اَهْلِ بَيْتِ النُّبُوَّةِ، فَانْظُرْ كَيْفَ تُرِيْدُ اَنْ تَكُوْنَ شَفَقَتُكَ عَلَى رَعِيَّتِكَ

"Lihatlah tuan Amirul Mukminin, betapa dia yang “kafir” itu memberikan kasih sayang dan perhatiannya yang luar biasa kepada hamba-hamba Allah. Tuan adalah seorang yang beriman kepada-Nya, bahkan juga termasuk keturunan Nabi. Aku ingin melihat bagaimana tuan bisa bertindak terhadap rakyatmu dengan penuh kasih, (seperti dia)."

Kisah menarik di atas terdapat dalam Kitab At-Tibr Al-Masbuk karya Imam Al-Ghazali. Kisah ini bisa menjadi refleksi diri dan instrospeksi bagi para pemimpin dan penerusnya agar mempunyai perhatian yang besar kepada rakyat. Jika seorang nonmuslim saja bisa melakukan hal yang demikian mulia, bukankah justru sebagai seorang yang Muslim dan Mukmin dapat melakukan hal itu sebagaimana teladan Baginda Nabi Muhammad SAW? []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 13 Januari 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: KH. Husein Muhammad

Editor: Hakim