Keutamaan Sholat Sunah Awwabin

 
Keutamaan Sholat Sunah Awwabin

LADUNI.ID, Jakarta - Secara garis besar sholat sunnah terbagi menjadi 2 macam yaitu sholat sunnah yang disunahkan dengan berjamaah seperti sholat Tarawih, sholat Gerhana serta sholat Ied dan sholat yang disunahkan tidak berjamaah seperti sholat Tahiyyatul Masjid, sholat Tasbih, sholat Witir dan sholat Awwabin.

Sholat Awwabin merupakan sholat sunnah yang dikerjakan diantara maghrib dan isya. Sholat sunnah tersebut dapat dilakukan paling banyak 20 rokaat dan paling sedikit 2 rokaat.

Sholat sunnah Awwabin merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

من صلى بعد المغرب ست ركعتان لا يفصل بينهما بكلام عدلن له عبادة اثنتي عشرة سنة

"Barang siapa yang sholat setelah sholat Maghrib 2 rakaat dan tidak diselingi dengan percakapan maka baginya pahala 12 tahun ibadah sunnah."

Sedangkan tata cara melakukan sholat Awwabin tidak beda jauh dengan tata cara sholat pada umumnya.

Adapun niat sholat Awwabin yaitu:

اُصَلِّى سُنَّةَ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

Bacaan yang dibaca dalam sholat mengacu pada anjuran Nabi Muhammad SAW, pada setiap rokaat membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak 6 kali, Surah Muawidzatain atau Surah An-Nas dan Al-Falaq masing-masing sebanyak satu kali. Setelah salam dianjurkan membaca doa

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﺳْﺘَﻮْﺩِﻋُﻚَ ﺇِﻳْﻤَﺎﻧِﻲْ ﻓِﻰْ ﺣَﻴَﺎﺗِﻲْ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﻣَﻤَﺎﺗِﻲْ ﻭَﺑَﻌْﺪَﻣَﻤَﺎﺗِﻲْ ﻓَﺎﺣْﻔَﻈْﻪُ ﻋَﻠَﻲَّ ﺇِﻧَّﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ شيْئٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ

“Ya Allah, saya titipkan imanku baik ketika aku masih hidup, pada saat meninggal dan setelah meninggal. Jagalah iman tersebut untukku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” sebanyak 3 kali.