Syaikhona Kholil Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Begini Tanggapan Mensos

 
Syaikhona Kholil Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Begini Tanggapan Mensos

LADUNI.ID, Jakarta - Terkait usulan Syaikhona Kholil Bangkalan ditetapkan sebagai pahlawan nasional, Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini menanggapi. Menurut Mensos, usulan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk KH. Muhammad Kholil Bangkalan sangat lah bagus.

Mantan Walikota Surabaya itu mengaku sangat setuju dan sedang memproses penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil. Pernyataan Mensos ini disampaikan langsung kepada salah seorang tokoh masyarakat Madura, MH. Said Abdullah.

“Kepada saya, menteri sosial sudah menyatakan setuju dan bahkan siap memperjuangkan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona K.H. Muhammad Kholil Bangkalan hingga tingkat presiden,” terang Said, Rabu (17/2/2021) lalu.

Menurutnya, Syaikhona Kholil sudah sangat layak mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional, karena kiprahnya yang amat besar dalam membina para santri dan menggerakkan masyarakat untuk melawan penjajah.

Said menyampaikan bahwa saat ini, Kementerian Sosial (Kemensos) sedang meminta data-data pendukung kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan untuk segera memproses pengajuan penganugerahan gelar pahlawan tersebut. Data yang dimaksud berupa biografi, kiprah, karya, hingga surat pengajuan resmi dari Pemkab Bangkalan kepada Kemensos.

“Ini adalah kewajiban saya dan semua masyarakat Madura, untuk menyuarakan dan terus memperjuangkannya,” jelas Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman Dakwah NU.

Said juga menegaskan, kemauan dan kesiapan Kemensos akan mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat Madura. Selain perjuangannya, Syaikhona Kholil adalah wali Allah yang sangat dihormati oleh masyarakat Madura.

Oleh karena itu, selain berkoordinasi dengan pihak Kemensos, Said juga mengaku aktif berkomunikasi dengan pemerintah Kabupaten Bangkalan, untuk memastikan berkas-berkas pengajuan K.H. Muhammad Kholil sebagai Pahlawan Nasional cepat rampung, dan segera dikirimkan kepada Kemensos.

“Saya yakin presiden akan menyetujui dan menganugerahkan gelar pahlawan untuk Syaikhona Kholil. Dan ini akan menjadi kado buat masyarakat Madura pada Peringatan HUT kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang,” pungkasnya.(*)

***

Editor: Muhammad Mihrob