Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Andong Boyolali

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga Daftar Sebagai Alumni
 
Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Andong Boyolali

PROFIL

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Andong Boyolali adalah sebuah lembaga pendidikan yang didirikan oleh yayasan Zumrotut Tholibin Andong Boyolali.
Sebelumnya, yayasan Zumrotut Tholibin mengelola lembaga pendidikan Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin, Madrasah Diniyah Roudlatut Tholibin dan Madrasah Aliyah Al Azhar Andong. Kemudian karena santri yang belajar di Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin terdiri dari berbagai kelompok usia serta melihat banyaknya santri yang belajar di luar lembaga yayasan, terutama santri-santri usia sekolah SMP, maka para pengurus yayasan berinisiatif untuk mendirikan sekolah setingkat SMP, yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Karena sekolah ini berada di lingkungan pondok pesantren, maka disepakati lembaga ini diberi nama Madrasah Tsanawiyah Ma’arif yaitu pada tahun 1988. Kepala Madrasah yang pertama adalah Djamhari BA. Ia menjabat sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah Ma’arif selama 7 tahun yaitu mulai tahun 1988 sampai 1995. Pada masa kepemimpinanya pembangunan dalam bentuk fisik belum nampak karena pada saat itu pembangunan dititik beratkan pada pembangunan sumber daya pengajar sebagai motor penggerak laju jalannya pendidikan dan pengenalan tentang eksistensi Madrasah Tsanawiyah Ma’arif secara luas kepada masyarakat

Pada tahun 1995 Djamhari, BA pindah tugas mengajar di MTsN Andong dan pada saat itulah MTs Ma’arif Andong mengalami masa transisi. Melihat kondisi semacam itu, yayasan Zumrotut Tholibin mengangkat Sudarji sebagai Kepala Madrasah. Masa kepemimpinannya berlangsung sangat singkat yaitu pada tahun 1996 sampai pada tahun 1997.

Kepala MTs Ma’arif yang ketiga adalah H. Djamal BA. Pada masa kepemimpinannya selain meneruskan program yang telah dilaksanakan H. Djamhari, S.Ag, juga mulai ada peningkatan pada pembangunan fisik dan peningkatan sarana/prasarana dengan di bangunnya gedung-gedung kelas baru, peningkatan perlengkapan kantor, dan sarana penunjang lainnya seperti komputer, perpustakaan dan lain-lain. Beliau memimpin tahun 1997-2003.

Pada tahun 2003 Kepala Madrasah dilanjutkan oleh bapak Drs. Ali Imron, M. Pd.I. Pada masa kepemimpinannya selain peningkatan pembangunan fisik juga mulai di lengkapi fasilitas-fasilitas lain seperti Laboratorium Komputer dan loker-loker untuk guru.
Pada tahun 2005 Drs. Ali Imron, M. Pd.I pindah tugas sebagai kepala MTsN Teras Boyolali dan digantikan oleh Drs. Ichwani, S.Pd.I. Beliau menjabat selama 2 periode yaitu tahun 2005-2014.

Di masa kepemimpinan Drs. Ichwani, S.Pd.I ini banyak sekali mengalami kemajuan baik di bidang sarana/prasarana, sistem pengajaran, jumlah siswa, maupun prestasi. Pada masa kepemimpinan beliau dibentuk team pengembang yang dipimpin oleh Drs. Suwardi M.Pd.I. Ia adalah salah satu unsur pimpinan yayasan Zumrotut Tholibin dan salah satu pengajar di STAIN Salatiga. Tugas dari tim pengembang adalah membantu merumuskan program, membantu merencanakan program pendidikan, mengawasi pelaksanaan program-program, dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai agar target program terlaksana dengan baik, salah satunya dengan menanamkan slogan “SIP”, yaitu Sholeh, ber-Ilmu, dan ber-Prestasi.

Kemudian pada tahun 2014 Kepala Madrasah dilanjutkan oleh bapak Amri, S.Pd.I sampai sekarang. Di masa kepemimpinan beliau, perkembangan-perkembangan yang sudah ada semakin mengalami peningkatan. Di periode inilah lahir program integrasi yang menggabungkan antara kurikulum formal dan informal, yaitu kurikulum MTs dan Pondok Pesantren tepatnya pada tahun 2017.

IDENTITAS SEKOLAH

Baca Juga:  Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

FASILITAS

  1. Gedung Sekolah
  2. Ruang Kelas Formal
  3. Masjid
  4. Asrama Santri Putra dan Putri
  5. Laboratorium Bahasa
  6. Laboratorium IPA
  7. Laboratorium Komputer
  8. MCK Putra dan Putri
  9. Mini Market
  10. Ruang Belajar
  11. Aula
  12. Ruang Puskestren
  13. Kantin
  14. Koperasi


Gedung Sekolah di MTs Al-Azhar Andong


Laboratorium Komputer di MTs Al-Azhar Andong

EKSTRAKURIKULER

  1. Drumband “Lintang Songo”
  2. Pencak Silat Pagar Nusa
  3. Olah Raga
  4. Murottal
  5. Kelompok belajar Matematika, IPA, IPS
  6. Kaligrafi
  7. Pramuka
  8. Tilawatil Qur’an
  9. Rebana
  10. Kesenian
  11. Seni Tari


Hadrah di MTs Al-Azhar Andong


Senam di di MTs Al-Azhar Andong

Baca Juga:  Amalan Agar Hajat Kita Qabul

ALAMAT

Jalan Raya Solo Karang Gede, ( Jalan Pasar Kacangan) Desa Mojo, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Kode Pos: 57384

Telepon:  ( 0271) 7893077

Untuk Keterangan lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi website :   https://blog.zumrotutholibin.or.id

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.