Pesantren Al Falah Putri Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Al Falah Putri Kediri

PROFIL

Pondok Pesantren Salaf yang berada di kota kediri. Didirikan oleh KH. Ahmad Jazuli Utsman pada tahun 1925, dan sampai saat ini masih menjaga eksistensinya sebagai pondok pesantren salaf. Pondok Pesantren Al Falah Putri adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang sejak berdirinya tetap mempertahankan konsep salafiyah dengan menganut thoriqoh ta’lim watta’allum, senantiasa menjadi rujukan pengembangan keislaman dan dakwah multicultural.

Pesantren Al Falah putri merupakan pondok pesantren yang dikhususkan untuk para santri putri yang diasuh oleh KH. Nurul Huda Djazuli. Sama seperti Al Falah induk, para santri Al Falah putri juga tidak menempuh pendidikan formal. Tetapi mereka bersekolah di Madrasah MISRIU lil banat. Awalnya pondok putri terletak di belakang ndalem kasepuhan atau pendopo, satu lokasi dengan ndalem Ibu Nyai Hj. Marwiyatus Sholihah. Namun pada perkembangannya lokasi pondok putri berpindah ke utara pondok induk + 100 meter sebelah barat jalan. Sekarang, di dalam kompleks pondok Al Falah putri terdapat beberapa unit pondok pesantren, diantaranya :

  1. Al Falah Putri, untuk para santri putri salaf
  2. MQ, untuk santri putri yang menghafal Al Qur’an (tahaffudzul qur’an)
  3. Tsuroyya, untuk santri putri yang bersekolah formal
  4. Az Zahir, untuk santri putra yang bersekolah formal.

Dalam perkembangannya, pondok Al Falah putri tidak hanya menerima santri salaf saja, akan tetapi juga santri yang bersekolah formal baik putra maupun putri.

Pengasuh
KH. Nurul Huda Djazuli

BACA JUGA :  Pesantren Al-Falah Ploso Kediri

PENDIDIKAN

  • MISRIU

Jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al Falah Putri dimulai dari Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul ‘Uqul (MISRIU) dengan dua tingkatan; Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.

Pada tingkatan Ibtidaiyah ditempuh selama 3 tahun yang materi pendidikannya memprioritaskan pembinaan akhlaq santri (Moralitas dan Mentalitas), pengembangan wawasan santri, menulis huruf arab, tajwid, pemantapan tauhid dan pengenalan dasar-dasar gramatika arab (ilmu nahwu) sebagai persiapan memasuki tingkat Tsanawiyah.

Selanjutnya di tingkat Tsanawiyah, ditempuh selama 4 tahun. Pada kelas 1, 2 dan 3 Tsanawiyah, materi yang ditekankan adalah pendalaman ilmu nahwu, shorof (dengan kajian utama ; kelas 1 kitab Jurumiyah, kelas 2 kitab ‘Imrithy dan kelas 3 kitab Alfiyah Ibni Malik serta dilengkapi pula kajian tauhid, fiqh dan risalatul mahidl sebagai penyempurna. Sedangkan di kelas 4 Tsanawiyah lebih dititik beratkan pada penguasaan ilmu balaghoh (kesusastraan), mantiq (logika), qowa’idul fiqhiyah dan faroidl.

Kegiatan madrasah dilaksanakan pada pukul 07.30 s/d pukul 10.30, mulai hari Sabtu s/d hari Kamis. Dan setiap ba’da Isya’ dilaksanakan musyawarah (diskusi bersama) sampai pukul 22.30.

Masih dalam naungan MISRIU, dibuka pula madrasah siang (Nahariyah) dan madrasah malam (Lailiyah).

Madrasah Nahariyah

Memberi kesempatan untuk siswi diluar pondok (desa) yang tidak dapat mengikuti sekolah pagi dengan biaya lebih ringan. Kegiatan sekolah dimulai pada pukul 13.30 s/d 15.00

Madrasah Lailiyah

Sekolah malam yang dimulai pada pukul 19.00 s/d 20.30 untuk siswi pondok yang juga mengikuti sekolah umum. Sebagai pendalaman materi pelajaran dilaksanakan musyawarah setelah ashar sampai pukul 17.15 WIB. Ditambah belajar wajib untuk pelajaran umum pukul 21.00 – 22.15

  • RIYADLATHUT THALIBAT

Setelah siswi menamatkan sekolah di MISRIU (Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul ‘Uqul), berikutnya siswi akan ditempa di jenjang musyawarah Riyadlotut Tholibat. Sistem yang diterapkan pada jenjang ini adalah kemandirian berfikir santri, keberanian mengambil keputusan yang bertanggung jawab dengan benar, terutama masalah-masalah fiqhiyah sesuai dengan perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Pada tingkat ini terdiri dari 2 fraksi. Fraksi I dengan mengambil kajian pokok kitab Fathul Qorib yang ditempuh dalam waktu satu tahun. Fraksi II dengan kajian pokok kitab Fathul Mu’in juga ditempuh dalam waktu satu tahun.

Selain mengikuti kajian-kajian diatas, para santri juga diterjunkan dakwah di tengah-tengah masyarakat guna memberi pencerahan sekaligus sebagai sarana praktikum para santri. Dengan demikian, diharapkan setelah menamatkan jenjang ini, santri benar-benar menjadi generasi tangguh yang sanggup menghadapi tantangan zaman.

  •     Tahafudzul Qur‘an

Bagi santri yang telah atau akan menghafal Al Qur’an disediakan asrama khusus dengan fasilitas yang memadai. Tetap dapat mengikuti kegiatan pondok dan madrasah atau musyawarah.

BACA JUGA :   Biografi KH. Ahmad Djazuli Utsman

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Seni baca Al Qur’an
  2. Kaligrafi
  3. Praktek mengajar
  4. Bahtsul masa’il diniyah
  5. Mading (majalah dinding)
  6. Training khitobah
  7. Jum’at bersih
  8. Olahraga
  9. Bimbingan pelajaran umum
  10. Kursus komputer
  11. Menjahit dan lain-lain.
  12. Ketrampilan hidup: Belajar Komputer, Menjahit


Hadrah di Pesantren Al Falah Putri

Paduan Suara santriwati di Pesantren Al Falah Putri

BACA JUGA :  Meneladani Kasih Sayang dan Kerukunan dari Masyayikh Alfalah Ploso Kediri

FASILITAS
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung asrama yang nyaman
  2. Ruang tamu
  3. Ruang belajar yang representatif
  4. Koperasi Pesantren
  5. Keamanan siaga 24 jam
  6. Poliklinik Pesantren (Politren)
  7. Auditorium luas
  8. Perpustakaan memadai
  9. Lapangan olahraga
  10. Tabungan Santri (Tabasant)
  11. Lab. Komputer


Gedung Pesantren Al Falah Putri


Laboratorium Komputer di pesantren Al Falah Putri

BACA JUGA :  SMA Queen Al Falah Kediri

ALAMAT

Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur

Kode Pos:  64162

Telepon: (0354) 479036`

HP    081335355366 / 085755444765

Kantor Pondok Formal :

Telp.    (0354) 4520505

HP    081233361219 / 085790440999

FAX    (0354) 479036

E-Mail    alfalahputriploso@gmail.com

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.