Pesantren Miftahul Falah Cigalontang Tasikmalaya

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Miftahul Falah Cigalontang Tasikmalaya
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pesantren Miftahul falah berdiri pada tahun 1372 H, Pendirinya adalah KH. Abdul Fatah (Alm), awalnya berupa pengajian setelah maghrib yang dipusatkan di Masjid jami’ AlFalah. Setelah itu terus berkembang dengan membuat Madrasah Diniyah kalo sekarang Diniyah Takmiliyah yang dilaksanakan setiap ba’da dhuhur. Untuk menampung para santri , KH.Abdul Fatah beserta masyarakat membuat madrasah di pinggir masjid karena daya tampungnya terbatas kemudian KH. Abdul Fatah membuat membuat lagi madrasah dirumahnya sekaligus kobong tempat menginap para santri.
 
Pada tahun 1968 KH. Abdul Fatah membuat RA dan satu tahun kemudian yaitu tahun 1969 membuat Madrasah Ibtidaiyah. Begitu banyak tantangan, rintangan dan hambatan yang di hadapi ketika mendirikan MI ini, baik dari pemerintah maupun masyarakat daerah sekitar. Maklum KH. Abdul fatah kader NU yang sangat eksis dengan keNUannya, pada saat itu posisi NU sebagai Ormas sekaligus partai politik yang tentu saja bersebrangan dengan pemerintah masa orde baru.
 
pada tahun 1976 beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyah dimana pada tahun pertama asalnya SMP Islam. Secara politis sangat sulit mendirikan sekolah saat itu karena sekolah yang didirikannya adalah dianggap sebuah ancaman bagi para penguasa secara administratif juga sangat berat karena pendirian sekolah harus melalui yayasan yang menaunginya, pada saat itu suatu hal yang sangat sulit untuk mendirikan yayasan dengan kondisi bersebrangan dengan pemerintah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.