Fadilah Shalat Tarawih Malam Pertama

 
Fadilah Shalat Tarawih Malam Pertama
Sumber Gambar: id.pngtree.com (ilustrasi poto)

Laduni.ID Jakarta - Tidak terasa, hanya dalam hitungan jam, umat muslim akan meninggalkan bulan Sya'ban dan akan memasuki bulan Ramadhan 1443 H. Diprediksi, umat muslim akan menjalani ibadah saum di bulan Ramadhan 1443 H pada tanggal 2 April 2022 menunggu keputusan resmi dari Pemerintah.

Tentunya, pada malam sebelum Ramadhan, kita akan melangsungkan shalat sunnah Tarawih sekaligus sebagai penanda bahwa umat muslim akan menjalani ibadah puasa keesokan harinya.

Baca juga: 8 Perkara yang Bisa Membatalkan Puasa

Hukum Shalat Tarawih di bulan suci Ramadhan adalah Sunnah Muakkad artinya sunnah yang dikuatkan atau amalan sunnah yang dilakukan untuk menyempurnakan suatu ibadah wajib dan dianjurkan dilakukan oleh sebab tingkatan Sunnah Muakad sudah mendekati wajib. Sunnah Tarawih di bulan Ramadhan dapat dikerjakan dengan secara berjamaah maupun dilakukan sendirian. Akan tetapi sangat dianjurkan untuk berjemaah.

Fadilah dan keutamaan melaksanakan Tarawih di malam pertama memasuki bulan Ramadhan, sangat banyak dan Allah menjanjikan akan melipatgandakan amaliah ibadah umat muslim sepanjang bulan Ramadhan. Terkait fadilah dan keutamaan Tarawih pada malam pertama, sebagaimana yang tertuang dalam hadis berikut ini:

مَنْ قَامَ مَعَ اْلإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN