Tarawih Itu Sunnah, Mencari Nafkah Itu Wajib

 
Tarawih Itu Sunnah, Mencari Nafkah Itu Wajib
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - KH. Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha, pernah mengingatkan untuk tidak berlebihan dan tidak memaksakan umat Muslim yang lain susah menjalani syariat Islam. Seperti diketahui, Ramadhan adalah bulan yang berlimpah ampunan, keberkahan dan rahmat Allah SWT. Akan tetapi, menurut Gus Baha, jangan sampai momen Ramadhan dan keutamaan ibadah-ibadah sunnah di dalamnya itu memberatkan umat muslim lain yang berhalangan, misalnya tentang adanya keutamaan melaksanakan shalat Tarawih dengan berjamaah di masjid. 

"Jangan terlalu membesar-besarkan hal yang berpotensi membuat orang biasa jadi susah menjalankan syariat Islam. Hindarilah omongan, seperti misalnya saat bulan Ramadhan, 'Rugi, Ramadhan hanya setahun sekali, kok gak shalat Tarawih di masjid berjamaah. Itu namanya tak menghargai perasaan orang. Di luar sana itu, ada satpam, penjaga toko, tukang ojek, tukang parkir, dan banyak pekerja di malam hari yang mungkin menangis di dalam hati. Mereka juga ingin Tarawih, tapi apa daya mereka sedang bekerja," ulas Gus Baha. 

Santri Kyai Maimoen Zubair itu kemudian melanjutkan dan menerangkan bahwa hukum menjalani ibadah Tarawih itu sunnah, sedangkan mencari nafkah itu wajib.

“Tarawih itu sunnah. Sementara mencari nafkah itu wajib. Menghindari diri dari kemiskinan secara ekonomi supaya tidak menjadi beban orang lain, itu adalah hal yang paling utama,"

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN