Doa Akhir Bulan Ramadhan

 
Doa Akhir Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Tak terasa bulan Ramadhan tahun 1442 Hijriyah akan berakhir. Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan terdapat beberapa doa yang dapat dibacakan. Doa ini sebagaimana ajaran Rasulullah Saw dengan harapan bisa bertemu kembali dibulan Ramadhan tahun depan.

Salah satu adab yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya adalah membacakan doa Perpisahan diakhir bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW , bersabda; “Barang siapa yang berdoa di akhir sujud Solat Subuh pada Jumaat terakhir di akhir Ramadhan, niscaya Allah SWT akan mengabulkan.”

Baca juga: Doa Akhir Sya'ban dan Awal Ramadhan

Sahabat bertanya, “ Doa apa itu Ya Rasulullah?

Doa Akhir Bulan Ramadhan

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا.

Allaahumm laa taj’alhu aakhirol ‘ahdi min shiyaaminaa iyyaahu, fa’in ja’altahu faj’alnii marhuuman, wa laa taj’alnii mahruuman.

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhir bagiku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai."

Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu dari Muhammad al-Musthofa shalallahu alaihi wasallam : “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah”.

Baca Juga: Doa Rasulullah SAW Saat Menikahkan Sayyidah Fatimah Azzahra

Selain doa di atas, muslim juga perlu mengamalkan doa berikut di akhir Ramadan agar amal ibadah puasanya diterima Allah Subhanahu wa ta'ala.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ بِالشُّكْرِ وَ الْقَبُوْلِ عَلَى مَا تَرْضَاهُ وَ يَرْضَاهُ الرَّسُوْلُ مُحْكَمَةً فُرُوْعُهُ بِالأُصُوْلِ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ‏

Allahummaj’al shiyamii fiihi bisysyukri wal qabuuli ‘alaa maa tardhaahur Wayardlaahurrasuulu muhkamatan furuu’uhu bil ushuli bihaqqi sayyidinaa muhammadin wa aalihit Al-Thaahiriin wal hamdu lillahi rabbil’aalamin.

”Ya Allah, terimalah puasaku di bulan ini dengan rasa syukur. Jadikanlah puasaku ini mendatangkan keridhaan-Mu dan keridhaan para Rasul-Mu. Engkau kuatkanlah furu (cabang2)-nya dan ushul (pokok2)-nya. Demi kebenaran junjungan kami Muhammad shalallahu alaihi wasallam beserta keluarganya yang suci. Segala puji bagi-Mu ya Allah,Tuhan semesta alam”.

Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu Anha, pernah bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dgn malam Lailatul Qadar, doa apa yg aku katakan?" Kemudian Rasulullah menjawab:

، اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي يا كريم

Allaahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anna/Anni yaa kariim. (HR. Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah)

"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamban-Nya, maka ampunilah kesalahan kami. Wahai Zat Yang maha Mulia".

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.

“Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, kerendah dirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yg kami lakukan selama kami menunaikan shalat Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

Baca Juga: Subhanallah, Inilah Doa yang Selalu Dibaca Para Waliyullah

Dalam riwayat Imam Syafi'i rahimahullah, doa yang juga sering dipanjatkan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam, di malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.'

"Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

Wallahu a'lam