Tanda-Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Syaikh Abdul Qodir Jaelani

 
Tanda-Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Syaikh Abdul Qodir Jaelani
Sumber Gambar: creativemarket.com, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID Jakarta - Atas kehendak Allah SWT, tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tepatnya Malam Lailatul Qadar. Selama ini umat Islam hanya membaca tanda-tanda Malam Lailatul Qadar. 

Disebutkan dalam Al-Qur’an, bahwa Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya lebih baik itu tentu lebih mulia, bukan disamakan dengan seribu bulan melainkan lebih baik, lebih mulia dari seribu bulan.

Sungguh mulia Malam Lailatul Qadar, di mana pada momentum ini seorang hamba yang meraihnya akan sampai pada ketakwaan yang hakiki. Karenanya, meraih malam Lailatul Qadar merupakan harapan setiap Muslim di bulan Ramadhan. Tetapi, Allah SWT sengaja merahasiakannya dan tidak menampakkannya secara langsung kepada semua orang. Hal ini dikehendaki-Nya, agar kita sebagai hamba-Nya bersungguh-sungguh dalam meraihnya.

Adapun sebagian ulama dapat mengetahui orang yang telah meraih kemuliaan Malam Lailatul Qadar itu. Di antaranya adalah Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani. Beliau menjelaskan tanda-tanda orang yang meraih kemuliaan Malam Lailatul Qadar di dalam Kitab Al-Ghunyah, sebagaimana berikut: 

وَقِيْلَ: إِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ إِذَا نَزَلَ مِنَ السَّمَاءِ لَيْلَةَ الْقَدْرِ لَا يَدَعَ أَحَدًا مِنَ النَّاسِ إِلَّا سَلَّمَ عَلَيْهِ وَصَافَحَهُ

"Dikatakan bahwasannya jika Malaikat Jibril AS turun dari langit pada Malam Lailatul Qadar, maka ia tidak akan membiarkan seorang manusiapun kecuali ia akan mengucapkan salam dan menjabat tangannya."

وَعَلَامَةُ ذَلِكَ اِقْشِعْرَارُ جِلْدِهِ وَتَرْقِيْقُ قَلْبِهِ وَتَدْمِيْعُ عَيْنِيْهِ


"Tanda seseorang yang telah mendapatkan salam dan berjabat tangan dengan Malaikat Jibril adalah; 1. Bergetar kulitnya, 2. Hatinya lembut tipis (mudah menangis), dan 3. Air matanya senantiasa bercucuran."

Semua yang dirasakan oleh seseorang ketika mendapatkan kemuliaan Malam Lailatul Qadar itu tentu hanya bisa dirasakan oleh orang yang meraihnya. Dan setiap orang yang bisa menyebutkan ciri-cirinya sedemikian itu, tentu pernah juga mendapatkannya. Demikian pula yang disampaikan oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani itu tidak lain juga adalah apa yang pernah dirasakannya. Semua itu kemudian direfleksikan melalui penejelasannya dalam Kitab Al-Ghunyah.

Semoga kita bisa mendapatkan kemuliaan Malam Lailatul Qadar dengan kesungguhan dalam beribadah dan mengharap ampunan serta ridho Allah SWT. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 06 Mei 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim