Mulai Pekan Ini, Sultan HB X Wajibkan Lagu Indonesia Raya Diputar Setiap Hari di Yogjakarta

 
Mulai Pekan Ini, Sultan HB X Wajibkan Lagu Indonesia Raya Diputar Setiap Hari di Yogjakarta
Sumber Gambar: Foto (Ist)

Laduni.ID, Yogjakarta - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mewajibkan semua ruang publik di wilayah Yogjakarta memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap hari pukul 10.00 WIB, sejak Kamis, 20 Mei 2021. 

Seruan yang memuat kewajiban itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) No. Nomor 29/SE/V/2021 tentang 'Memperdengarkan Lagu Indonesia Raya' yang diteken Sultan HB X pada Selasa, 18 Mei 2021. 

"Lagu Kebangsaan Indonesia Raya satu stanza agar diperdengarkan setiap pukul 10.00 WIB atau setiap pagi saat memulai aktivitas kegiatan," kata Sultan, Selasa, 18 Mei 2021. 
SE tersebut juga ditujukan kepada seluruh Bupati/Walikota se-DIY, pimpinan perwakilan instansi pemerintah pusat, instansi pemerintahan di lingkungan Pemda DIY, pimpinan BUMN dan BUMD, serta pimpinan perusahaan swasta.

Raja Keraton Yogyakarta ini juga meminta setiap orang yang hadir pada saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan atau dinyanyikan agar berdiri tegak dengan sikap hormat. "Wajib berdiri tegak dengan sikap hormat," kata Sultan sebagaimana tertuang dalam SE itu.

Dirinya berharap seluruh masyarakat Yogyakarta untuk membangkitkan Gerakan Indonesia Raya Bergema. Layaknya saat perjuangan Serangan Oemoem 1 Maret 1949 yang mampu membawa inspirasi semangat kebangsaan yang hidup di hati masyarakat luas.

"Kalau dulu digemakan oleh samangat kebangsaan autentik, kini kita menggemakan semangat kebangsaan baru abad millenial agar benar-benar mau membangun jiwa ragaku demi Tanah Airku, tanah tumpah darahku dan di sanalah aku berdiri seraya berseru Indoensia bersatu," katanya

Gerakan Indonesia Raya Bergema dimunculkan sejumlah elemen masyarakat di Yogyakarta yang tergabung dalam For You Indonesia bersama Pemda DIY, Keraton Yogyakarta, serta Kadipaten Pakualaman. Sebagai sarana kampanye berkelanjutan menggelorakan nasionalisme. (Sumber: twitter Good News From Indonesia, @GNFI, diposting pada Jum'at 21 Mei 2021)