Amalan dan Keistimewaan Hari Jum’at yang Perlu diketahui

 
Amalan dan Keistimewaan Hari Jum’at yang Perlu diketahui
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Yaumul Jumu’ah atau hari Jum’at merupakan salah satu hari yang banyak keistimewaanya sebab keutamaan pada hari Jum’at lebih besar dari hari-hari yang lainya. Sabda Rasululllah Saw bersabda "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat" (HR Muslim).

Baca Juga: 7 Amalan Mulia di Hari Jum'at Beserta Faedahnya

Oleh sebab itu setiap datang hari jum’at setiap umat muslim disarankan untuk memperbanyak amalan-amalan sunah untuk memperbanyak pahala dan menambah ketakwaan. Adapun yang bisa dilakukan, di antaranya membaca surat Al Kahfi, bersedekah, memperbanyak zikir, membaca shalawat dll.

1. Membaca surat Al Kahfi

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan umatnya membaca Surah Al-Kahfi sebagaimana hadis berikut: Dari Abu Said Al Khudri bahwa Nabi bersabda: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka dia akan disinari oleh cahaya sejauh di antara dua Jumat." (HR Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra, Al Hakim dalam Al Mustadrak. katanya: shahih).

Dari Abu Sa’id Al Khudri juga secara mauquf: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan disinari oleh cahaya sejauh di hadapan dirinya sampai Baitul 'Atiq (Ka’bah)." (HR Al Baihaqi, Syu’abul Iman Ad Darimi, Syaikh Husein Salim Asad mengatakan: isnadnya shahih. Syaikh Al Albani juga menshahihkannya. Lihat Shahihul Jami’ No. 6471)

Baca Juga: Hari Jumat Momentum Memperbanyak Shalawat

2. Bersedekah  

Di hari Jum’at sedekah memiliki banyak keutamaan karena sedekah dihari ini sama halnya dengan sedekah di bulan Ramadhan. Ibnu Qayyim berkata,”Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya..” Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah di hari Jum’at. Sedekah di hari Jum’at dianjurkan dilakukan sebelum pergi melaksanakan shalat Jum’at dan juga untuk sedekah secara sembunyi tanpa diketahui orang lain agar terhindar dari sifat riya’ atau pamer.

3. Memperbanyak zikir

Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah” (QS. Al Jumu’ah: 9).

salah satu cara bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca zikir untuk selalu mengingat Allah Swt.

Baca Juga: Doa dan Dzikir yang Dianjurkan Dibaca Hari Jumat

4. Membaca Shalawat

Allah Subhanahu wata’ala menghapus dosa ahli shalawat.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ في كُلِّ جُمُعَةٍ أرْبَعِينَ مَرَّةً مَحَا الله ذُنُوبَهُ كُلَّهَا}.

Nabi Shallallohu alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa bershalawat kepadaku di setiap hari jum`at sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber