Peresmian BLK Komunitas, Wapres Apresiasi Langkah Menaker

 
Peresmian BLK Komunitas, Wapres Apresiasi Langkah Menaker
Sumber Gambar: Wapres RI KH Maruf Amin Resmikan BLK Komunitas (Foto: Humas Kemnaker RI)

Laduni.ID Tasikmalaya – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin mengapresiasi kinerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah, karena dinilai telah melakukan langkah tepat dalam upaya pemulihan sektor ketenagakerjaan di Indonesia yang satu diantaranya adalah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. 

Apresiasi itu disampaikan Wapres, dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan & Peresmian Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK K) Tahun 2021, di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat 2020, Selasa, 8 Juni 2021. 

Wapres hadir meresmikan penggunaan BLK Komunitas sebanyak 1.014 yang dibangun tahun 2020 secara serentak. Peresmian itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar.  

Dalam sambutannya, Wapres menjelaskan bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan program prioritas pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres KH Maruf Amin. "Hal ini sebagai bentuk kesigapan kita untuk menghadapi era Disrupsi. Dalam era ini kompetensi SDM menjadi mutlak agar tidak kalah dalam kompetisi global. Untuk itu Perlu kesiapan dan langkah strategis untuk mengantisipasinya.  Dan Menaker telah melakukan langkah tepat dalam percepatan peningkatan kompetensi SDM," ujar Wapres mengapresiasi langkah Menaker yang telah mendirikan BLK Komunitas. 

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berharap agar BLK Komunitas dapat menjadi lembaga pelatihan vokasi berbasis komunitas santri yang mampu mencetak dan melahirkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berperan penting terhadap kehidupan masyarakat sekaligus bekal menghadapi abad kompetisi global. 

Sebelumnya Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, bahwa BLK Komunitas merupakan salah satu program terobosan pemerintah untuk memperluas akses vokasi bagi masyarakat. Khususnya di kalangan komunitas lembaga keagamaan, lembaga pendidikan agama dan serikat pekerja. "BLK Komunitas ini menjadi penting sebagai ikhtiar Kementerian Ketenagakerjaan mendekatkan sarana dan prasarana pelatihan dengan masyarakat di tingkat basis. BLK Komunitas ini memberikan bekal keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan keterampilan berwirausaha bagi para santri atau komunitas dan masyarakat sekitarnya ," kata Menteri Ida. 

Forum BLK Komunitas MoU dengan Dunia Usaha
Acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas ini merupakan upaya Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) untuk melakukan konsolidasi bersama pengembangan BLK Komunitas. Acara ini dimulai sejak kemarin (Senin, 7 Juni 2021) yang diawali dengan penyelenggaraan Workshop Peta Jalan Kemandirian BLK Komunitas yang diikuti oleh 40 BLK Komunitas terbaik yang telah terbangun sejak tahun 2017 hingga 2019. 

Pada acara puncak, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dengan para mitra sekaligus peresmian secara simbolik penggunaaan 1.014 BLK Komunitas yang dibangun pada tahun 2020. Pada tahun 2021, Kemnaker memperluas kerjasama BLK Komunitas dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), PT Telkom, Martha Tilaar, Perhimpunan Paricara Usada Indonesia, PT Panasonic, Bank Syariah Indonesia, Himpunan Kawasan Industri, Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia, PT Pegadaian, dan PT Polytron. 

Sebagai informasi, acara ini digelar secara hybrid dengan menghadirkan secara langsung 50 pengelola BLK Komunitas tahun 2020 dan melibatkan 2.077 BLK Komunitas secara virtual dari seluruh Indonesia. Digelar juga expo BLK Komunitas yang memamerkan hasil karya peserta pelatihan dan berbagai inovasi beberapa BLK Komunitas terbaik. Tambahan informasi, pada semester kedua tahun 2021 ini Kemnaker akan menyelenggarakan Festival BLK Komunitas yaitu sebuah ajang kompetisi dan publikasi pencapaian BLK Komunitas secara keseluruhan, sekaligus menandai penguatan komitmennya dalam rangka meningkatkan daya saing SDM Indonesia. (Editor: Ali Ramadhan)