Doa Supaya Makanan Tidak Membahayakan Tubuh

 
Doa Supaya Makanan Tidak Membahayakan Tubuh
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Bagi sebagian orang, makanan adalah sebuah kenikmatan yang sulit ditolak, apalagi ketika dihadapkan oleh makan yang menjadi favorit kita. Namun, ada beberapa orang yang kurang beruntung. Mereka merasakan cemas ketika hendak menyantap makanan.

Dihantui rasa cemas dan takut setiap dihidangkan makanan yang menjadi favorit, menjadi siksaan tersendiri. Itu disebabkan karena di dalam makanan tersebut terdapat hal yang membahayakan bagi kesehatan.

Mau minum kopi khawatir maag kumat, mau makan gulai kambing khawatir darah tinggi kambuh. Mau minum yang manis-manis khawatir kencing manis, mau minum pahit pahit-pahit takut menyerang ke liver.

Didalam kitab "Kaifa Takunu Ghaniyyan" Al-Habib Sa'ad Muhammad Bin Alawi Al-Aidarus berkata:

سورة (قريش) من قرأها زال همه وحزنه ووسوسته ومن قرأها على مطعوم أذهب الله مضرته

“Barang siapa yang membaca Surat Quraisy maka akan hilang kesusahan dan rasa waswas-nya. Barang siapa yang membacanya pada makanan maka Allah akan menghilangkan mudhorat nya (pada tubuh).”

Demi menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan sehat, sebagian orang rela meninggalkan makanan favorit yang mengandung bahaya bagi tubuhnya.

Dikutip dari fanspage Pesantren Online, terdapat sebuah doa yang bisa diamalkan agar makanan yang disantap tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh, namun bukan berarti bebas memakan apapun sepuasnya. Tetap makan secukupnya, dan ikhtiar menjaga kesehatan dengan berolahraga. Berikut doanya:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ * إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ * فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ * الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ)

 كيف تكون غنيا ص ٣٦

Dikutip dari fanspage Pesantren Online


Editor: Daniel Simatupang