Tiga Pandangan yang Mencerahkan

 
Tiga Pandangan yang Mencerahkan
Sumber Gambar: ilustrasi pandangan/Iuliyan Metodiev/Pexels/

Laduni.ID Jakarta – Ada tiga hal yang bisa menerangkan pandangan diantaranya, memandang pemandangan hijau, memandang sungai yang mengalir, dan memandang wajah yang bagus.

Baca Juga: Bagaimana Pandangan Syariat Islam Mengenai Pencurian Jin?

Kenapa ko hijau?. Ulama mengatakan bahwa kelak pakaian penduduk surga adalah hijau sebagaimana di dalam surat al kahfi ayat 31: “Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.”

Pernah pula Dr. M. Segaf Hasan Baharun MHi  menerangkan bahwa warna hijau itu bisa membuat mata adem dan sejuk, karena kerja otot mata berkurang ketika melihat warna yang serupa dan lembut, beda hal nya ketika kita pergi ke Mall, kita akan melihat begitu banyak warna, sehingga mata kita memerah karena kerja otot mata yang semakin berat.

Berbicara soal warna pakaian, pakaian berwarna putih yang paling afdol menurut sunnah ,baru kemudian warna hijau.

Baca Juga: Pandangan Habib Umar Tentang Ulama Terjun Ke Politik Praktis

Shalat paling bagus dengan pakaian berwarna putih.  

عن سَمُرَةَ رضي الله عنه قال: قالَ رسُولُ اللَّهِ ﷺ: الْبَسُوا البَيَاضَ، فَإِنها أَطْهرُ وأَطَيبُ، وكَفِّنُوا فِيها مَوْتَاكُمْ

Dari Samurah bin Jundab ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Pakailah oleh kalian dari pada pakaian-pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian berwarna putih itu adalah pakaian yang paling suci dan yang terbaik, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal di antara kalian." (HR an-Nasa'i, at-Tirmidzi, Ahmad bin Hambal, al-Baihaqi,at-Thabrani, Ibnu Majah, Ibnu Syaibah, dan Malik).

---------
Editor: Nasirudin Latif