Kisah Penyebar Islam dari Negeri Cina

 
Kisah Penyebar Islam dari Negeri Cina
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Ketika membahas tentang para penjelajah hebat, nama-nama terkenal seperti Marco Polo, Ibnu Batutta, Evliya Celebi, dan Christopher Columbus seringkali muncul dalam benak kita. Namun, tidak banyak yang menyadari adanya seorang penjelajah lain yang memiliki pengaruh besar dan menyimpan kisah perjalanan yang luar biasa dalam catatan sejarah.

Penjelajah ini, meskipun kurang dikenal, telah meninggalkan jejak yang signifikan dalam dunia eksplorasi dan pengetahuan geografis.

Ia adalah seorang penjelajah yang berasal dari negeri tirai bambu, Cina, namanya adalah Zheng He atau di Indonesia lebih akrab dengan Laksamana Cheng Ho. Zheng He atau Cheng Ho adalah seorang muslim yang berasal dari Cina, ia adalah seorang pengembara sekaligus seorang diplomat yang hebat.

Daerah Asal Laksamana Cheng Ho

Zheng He dilahirkan pada tahun 1371 Masehi di Cina bagian Selatan, di kawasan Yunnan, nama aslinya adalah Ma He. Di Cina, nama marga dijadikan nama depan bukan nama belakang seperti yang kita kenal pada umumnya.

Orang Cina mengenal nama “Ma” sebagai kependekan dari nama Muhammad (dalam bahasa Indonesia biasanya menggunakan “M”). Ayah dan kakeknya pernah berpergian ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Jadi Zheng memang terlahir seabgai seorang muslim dan keluarganya sejak lama telah menganut agama Islam.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN