Ikhtiar Melembutkan Hati Anak

 
Ikhtiar Melembutkan Hati Anak
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Semua orang pasti selalu menginginkan seorang anak yang baik budi pekertinya, lembut hatinya, baik tutur katanya, dan tentunya baik juga agamanya. Segala cara akan dilakukan orangtua agar anak menjadi pribadi yang baik, dengan memberikan harta, memanjakannya dengan dunia, mendidiknya di pondok pesantren, dan lain sebagainya.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, banyak juga orangtua yang memiliki perilaku yang kurang baik, seperti mabuk-mabukan, melakukan tindak kejahatan, atau tindak kriminal lainnya. Tapi, jauh di dalam lubuk hatinya, mereka tidak ingin anaknya kelak mengikuti jejak orangtuanya yang buruk.

Oleh karena itu, perlu ada ikhtiar ekstraordinari agar anak memiliki hati yang lembut, patuh pada orangtua, dan mudah diatur. Ada tiga cara yang harus orangtua lakukan sebagai ikhtiar agar anak menjadi pribadi yang baik.

Cara Pertama

Ketika anak sedang tidur maka letakkanlah telapak tangan kanan di atas dada anak sambil membaca:

1. Sholawat Nabi sebanyak 7 kali

2. Surat al Fatihah sebanyak 1 kali

3. QS. Toha ayat 1-5

4. Berdoa (contoh: Ya Alloh lembutkanlah hati anakku, jadikanlah dia anak yang sholih/sholihah, dan seterusnya)

5. Lalu mencium dahi anak

 Selama membaca usap-usapkan tangan di belahan dada anak

Cara Kedua

Ketika anak tidur bacalah surat Al Ikhlas sebanyak 10 kali, lalu tiupkan ke ubun-ubunnya. Lakukan cara tersebut selama 40 malam berturut-turut.

Cara Ketiga

Setiap habis shalat bacalah QS. Al Qodar (انا انزلناه في ليلة القدر....) sebanyak tiga kali, lalu ditiupkan ke lututnnya sendiri dengan niat dalam hati meniup anaknya tersebut, maka insyaaAlloh anak-anak kita akan nurut dan patuh pada orang tua dan lembut hatinya serta semoga menjadi anak yang sholih atau sholihah.

Semoga bermanfaat


Editor: Daniel Simatupang