Etika Bersin Menurut Rasulullah SAW

 
Etika Bersin Menurut Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Saat ini varian virus corona sudah banyak ditemukan, beberapa diantaranya bahkan dapat menularkan walau sudah menggunakan masker, bahkan hanya dengan berpapasan dengan OTG saja seseorang dapat tertular.

Penularan virus corona dapat terjadi melalui beberapa hal, seperti kontak fisik, permukaan yang terkontaminasi virus, ruangan dengan ventilasi buruk, dan droplet (air ludah) orang yang terinveksi covid-19.

Penularan melalui droplet dapat terjadi ketika seseorang batuk atau bersin, sehingga orang tersebut secara tidak sadar mengeluarkan droplet melalui mulut ataupun hidung. Karena terkadang seseorang tidak tahu akan tertular atau menularkan, maka pencegahannya adalah dengan menutup hidung dan mulut dengan masker.

Banyak orang secara tidak sadar melakukan kebiasan batuk/bersin yang salah. Berikut kebiasaan yang salah ketika batuk/bersin sebagaimana dikutip dari website Dinas Kesehatan Kota Padang:

1. Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.

2. Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk/bersin.

3. Membuang ludah batuk di sembarang tempat.

4. Membuang atau meletakkan tisu yang sudah dipakai di sembarang tempat.

5. Tidak menggunakan masker saat flu atau batuk.

Ketika seseorang bersin/batuk atau dalam kondisi tubuh yang kurang sehat, alangkah bagusnya mengikuti etika sebagai mana berikut:

1. Tutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu atau lengan baju dalam. Hal ini agar virus tidak menyebar ke udara dan menular ke orang lain.

2. Segera buang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah.

3. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol.

4. Gunakan masker.

Hal tersebut juga sejalan dengan yang Rasulullah anjurkan. Dalam postingan pribadinya, Senin (4/8/2021) Ustadz Ma’ruf Khozin mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan etika saat batuk/bersin.

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﺇﺫا ﻋﻄﺲ ﻭﺿﻊ ﻳﺪﻩ ﺃﻭ ﺛﻮﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻴﻪ، ﻭﺧﻔﺾ ﺃﻭ ﻏﺾ ﺑﻬﺎ ﺻﻮﺗﻪ»

“Abu Hurairah berkata bahwa jika Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersin maka beliau menutup dengan tangan atau kain ke mulut beliau dan melirihkan suaranya.” (HR Abu Dawud)

Beliau juga mengajak semua orang untuk mendoakan para guru-guru, para kiai, dan habaib agar diberi kesehatan dan panjang umur supaya bisa terus membimbing umat.


Editor: daniel Simatupang