Rumah Oksigen Gotong Royong Siap Tampung 500 Pasien

 
Rumah Oksigen Gotong Royong Siap Tampung 500 Pasien
Sumber Gambar: Instagram/Rumah Oksigen

Laduni.ID, Jakarta – Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) sudah mulai beroperasi pada, Senin (2/8/2022) kemarin. ROGR ini dapat menampung 500 pasien dan terletak di lokasi strategis. Rumah Oksigen ini diperuntukkan bagi pasien bergejala ringan dengan saturasi >90 persen.

Dilansir dari akun Instagram ROGR @rumah.oksigen, pelayan di tempat tersebut tidak dipungut biaya dan bersifat mandiri, apabila membutuh pengobatan pasien dapat mendatangi fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pihak ROGR. Pasien juga dijamin asupan nutrisinya, seperti makan tiga kali sehari, diberikan multivitamin, dan asupan yang bergizi lainnya.

Kategori pasien yang yang bisa diterima oleh ROGR adalah WNI dengan menujukkan KTP dan KIA bagi pasien di bawah 17 tahun, memiliki PCR positif atau swab antigen reactive covid-19, bergejala ringan dengan >90 persen, dan tidak memiliki komorbid/memiliki komorbid terkontrol.

Adapun fasilitas yang disediakan oleh ROGR adalah tenaga medis, poli umum, mini High Care Unit (HCU), IGD, depo farmasi 24 jam, ruang gizi, dan ruang isolasi.

Dikutip dari akun Instagram Pandemic Talks @pendemictalks, lokasi ROGR sangat strategis, dekat dengan rumah sakit rujukan covid-19. Salah satunya terletak di Jl. Raya Bekasi – Jl. Pulogadung No. KM 21, RT. 3/RW. 4, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Berikut syarat dan ketentuan pasien selama di ROGR:

1. Pasien membawa pakaian dan perlengkapan pribadi. ROGR tidak menyediakan pakaian, fasilitas binatu/laundry, dan tidak diperkenankan melakukan aktivitas mencuci di kawasan ROGR.

2. Tidak diperbolehkan merokok dan membawa pemantik api karena bisa menyebabkan ledakan.

3. Pasien dengan komorbid terkontrol perlu membawa obat rutin masing masing.

4. Wajib menjaga kebersihan menerapkan 5M (Mencuci tangan, Memakal Masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, & Mengurangi mobilitas).

Cara mendaftar ROGR melalui aplikasi Halodoc:

1. "Book Appointment" dan pilih tanggal serta waktu di aplikasi Halodoc.

2. Appointment dikonfirmasi oleh aplikasi Halodoc.

3. Pasien datang ke ROGR sesuai jadwal.

4. Pengecekan KTP dan verifikasi hasil PCR/Antigen oleh tim Halodoc di Rumah Oksigen Gotong Royong.

5. Pengecekan kondisi kesehatan pasien oleh tenaga kesehatan.

6. Bila memenuhi syarat maka tim Halodoc menyelesaikan perjanjian kunjungan pasien di aplikasi Halodoc dan menjalani perawatan di ROGR.

7. Bila tidak memenuhi syarat maka perjanjian kunjungan dibatalkan dan isolasi mandiri di rumah/dirujuk ke rumah sakit.

Cara mendaftar ROGR melalui rujukan dari fasilitas kesehatan:

1. Pasien mendapat rujukan dari fasilitas kesehatan (rumah sakit, Puskesmas, RSDC Wisma Atlet), sebelum ke ROGR.

2. Pengecekan KTP dan verifikasi hasil PCR/Antigen oleh tim Halodoc di ROGR.

3. Pengecekan kondisi kesehatan oleh tenaga kesehatan

4. Bila memenuhi syarat; Tim Halodoc memberikan kode kupon yang dapat digunakan untuk pendaftaran di aplikasi Halodoc; Tim Halodoc akan membantu pemesanan janji dari aplikasi Halodoc yang akan dikonfirmasi langsung di tempat; Menjalani perawatan di ROGR.

ROGR ini didirikan atas inisiatif beberapa pihak, diantaranya GoTo (perusahaan merger Gojek dengan Tokopedia) Kamar Dagang Indonesia (KADIN), PT Aneka Gas Industri (Samator Group), PT Master Steel, Tripatta Engineering, dan Halodoc.


Editor: Daniel Simatupang