Amalan Bulan Muharram, Menulis Kalimat Bismillah

 
Amalan Bulan Muharram, Menulis Kalimat Bismillah
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Muharram, bulan yang menandai masuknya tahun baru hijriyah. Di bulan muharram ini banyak umat muslim mendulang pahala melalui amaliyah-amaliyah yang diajarkan oleh ulama-ulama terdahulu, salah satunya adalah menulis lafadz Bismillah sebanyak 113 kali di awal bulan Muharram.

Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy rahimahullah mengatakan dalam kitabnya “Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar” halaman 92, “Siapa saja yang menulis بسم الله الرحمن الرحيم (kalimat basmallah) sebanyak 113 kali pada tanggal 1 Muharram di kertas, maka dirinya dan keluarganya akan diberikan perlindungan dari segala musibah dan keburukan selama seumur hidup.”

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Hendaknya menulis kalimah Bismillahir pada tanggal 1 Muharram,

2. Dilakukan dalam keadaan berwudhu,

3. Menghadap qiblat,

4. Menutup aurat dan tidak berbicara,

5. Niat lidaf'ul bala (tolak bala), Tahshin (benteng) dan jalbul manafi' (memperoleh manfaat) semata-mata bertabarruk dengan ayat Al-Qur'an, bissmillahirrahmanirrahiim, dan salah satu bulan yang dimuliakan yaitu bulan Muharram.

Syekh Muhyiddin Zadah dalam kitab Hasyiyah Tafsir al-Baidhawiy juz 1 halaman 45, mengutip riwayat dari Khalifah Umar bin Abdul Aziz Rahimahullah yang menyatakan:

طولوا الباء وأظهروا السين ودوروا الميم تعظيما لكتاب الله

“Panjangkan huruf Ba dan (perjelas) huruf Sin dengan giginya dan bulatkan huruf Mim dengan lubang ketika menulis بسم الله sebagai bentuk penghormatan kepada al-Qur'an.”

Waktu penulisan diperbolehkan sejak adzan magrib hari pertama bulan Muharram dan berakhir pada adzan besok malamnya. Setelah menulis sangat dianjurkan untuk membaca doa. Doa setelah menulis 113 basmalah antara lain:

اللهمّ انّى اسألك بفضل بسم الله الرحمن الرحيم وبحقّ بسم الله الرحمن الرحيم وبهيبة بسم الله الرحمن الرحيم وبمنزلة بسم الله الرحمن الرحيم ارفع قدري ويسّرلى امري واشرح صدري يامن هو كهيــعص حمعسـق المّ المّص المر حـم الله لااله الاهو الحيّ القيّوم بسرّ الهيبة والقدرة وبسرّ الجبروت والعظمة اجعلنى من عبادك المتّقين واهل طاعتك المحـبّين وارزقنى علمانافعا ياربّ العالمين وصلّى الله على سيّدنامحمّد وعلى آله وصحبه وسلّم

Diambil dari kitab Ittihaful Amajid Binafaisil Fawaid karya Abu Mun'yah as-Syakunjiy.


Editor: Daniel Simatupang