PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Cisarua Bogor Gelar Makesta Angkatan Ke-4

 
PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Cisarua Bogor Gelar Makesta Angkatan Ke-4
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Angkatan ke-4.

Kegiatan yang digelar sejak hari Sabtu-Ahad, 11-12 September 2021 yang bertempat di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Yaqien Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dengan jumlah peserta 60 orang yang terdiri dari 25 pelajar IPNU dan 35 pelajar IPPNU.

Makesta ini turut dihadiri oleh Ketua MWC NU Cisarua Dr. Abdul Wafi M, IRKH, Pimpinan Lembaga Pendidikan Nurul Yaqien, KH Apan Abdul Goni, S.Ag MM, Kepala Sekolah Nurul Yaqien, Ustadz Aas Asrorrudin S.E.I, Ketua Ansor Cisarua Dodi, Banser Cisarua Komandan Yudi, Ketua PC IPNU Kabupaten Bogor Robiansyah dan Ketua PC IPPNU Kabupaten Bogor Yeni Hartinah.

"Alhamdulillah di masa pandemi kita bisa mengadakan acara Makesta Angkatan ke-4 ini dari berbagai perwakilan desa tentu dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Ketua Pelaksana, Tabella Elyanti.

Tabella menjelaskan Makesta ini mengusung tema "Membangun Pondasi Dalam Organisasi Guna Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter Ahlisunnah Wal jama'ah Annahdliyyah".

Muhamad Rafli, Ketua PAC IPNU Kecamatan Cisarua berharap IPNU-IPPNU sebagai badan otonom NU bisa melahirkan kader-kader yang memiliki karakter Aswaja Annahdliyyah yang dapat membawa manfaat dan keberkahan untuk masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Imel Rahmawati, Ketua PAC IPPNU Kecamatan Cisarua, ia mengatakan bahwa kegiatan ini outputnya para peserta yang telah mengikuti pelatihan Makesta selama dua hari dapat memberikan kemaslahatan dan khidmat dalam ber-IPNU dan IPPNU.

Sedangkan menurut Ketua PC IPNU Robiansyah, Makesta ini diharapkan memunculkan kader-kader yang memiliki militansi dan loyalitas yang tinggi untuk organisasi sehingga eksistensi organisasi akan terjaga.

Pun demikian dengan Yeni Hartinah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Bogor yang menuturkan, selepas kegiatan Makesta ini harapannya kader-kader ini terus dilibatkan dalam kegiatan IPNU IPPNU kedepannya, sehingga dari sinilah akan muncul kader-kader yang progresif.

"Salah satu tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengenalkan pentingnya organisasi dalam kehidupan bermasyarakat sehingga melahirkan generasi muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan berkarakter Aswaja Annahdliyah," ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua MWC NU Kecamatan Cisarua, Dr. Abdul Wafi, M. IRKH mengingatkan pentingnya peran seorang pemimpin. Tidak hanya menjadi pemimpin biasa, namun menjadi pemimpin yang memiliki intergritas dan semangat perjuangan, sebab menjadi pemimpin merupakan sunatullah.

"Menjadi apapun itu adalah takdir tetapi kalau ilmunya sudah berproses dari sekarang insyaallah jadi pemimpin tidak hanya di dunia tapi bisa diperpertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT," tambahnya.

Kepala Sekolah Nurul Yaqien, Ustadz Aas Assroruddin, S.E.I mengapresiasi acara Makesta ini dan ia juga akan membantu membentuk Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU di Nurul Yaqien.

"Saya mengapresiasi kegiatan makesta yang diadakan di sini, tentu setelah ini harus adanya bimbingan untuk para peserta yang telah dinyatakan lulus, maka saya akan membantu pembentukan pimpinan komisariat dan nantinya harus ada kegiatan bersama sehingga tumbuh semangat untuk berkhidmat di NU," jelasnya.


Editor: Daniel Simatupang