Koleksi Kitab Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari

 
Koleksi Kitab Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, menurut Sayyid Muhammad Asad Shahab, bukan hanya sosok yang memiliki perhatian besar terhadap dunia perkembangan dakwah Islam dan juga perjuangan, tetapi juga sosok yang memiliki kecintaan tinggi terhadap dunia literatur dan pustaka.

Terkait perpustakaan pribadi Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, Muhammad Asad Shahab menuliskan:

تعد مكتبة الحاج محمد هاشم أشعري من أغنى المكتبات لاحتوائها على أنفس الكتب العلمية الإسلامية من مطبوعات ومخطوطات أثرية قديمة. وتضم هذه المكتبة جل الكتب المؤلفة باللغة العربية والإندونيسية والجاوية والماليزية وبعض اللغات الأجنبية الأخرى. وهي تضاهي مكتبة هيئة البحوث الإسلامية.

“Perpustakaan pribadi Haji Muhammad Hasyim As’ari terhitung sebagai salah satu perpustakaan terkaya dan terlengkap, karena menghimpun koleksi kitab-kitab ilmiah Islam yang langka, baik itu kitab cetak atau manuskrip kuno. Perpustakaan tersebut menghimpun koleksi literatur, ditulis dalam bahasa Arab, Indonesia, Jawa, dan Melayu, serta sebagian bahasa asing lainnya. Perpustakaan ini bisa dikatakan menandingi koleksi perpustakaan Dewan Kajian Islam di Jakarta.”

Hal ini bisa dibuktikan dengan salah satu rujukan Mbah Hasyim Asy'ari dalam menulis kitab "Ziyadat Ta'liqot":

تعريف طريقة التيقظ والانتباه لما يقع في مسائل الكفاة

Karya Syeikh Afifuddin Abdulloh bin Muhammad Basudan

مطلب اﻹيقاظ في الكلام على شيء من غرر اﻷلفاظ

Karya Habib Abdulloh bin Husein Balfaqih.

Menurut Ust. Asep Jaelani, kitab yang pertama belum dicetak sampai sekarang atau masih berupa manuskrip, sedangkan kitab yang kedua baru dicetak tahun 2005 di Hadromaut.

Artinya, Mbah Hasyim – kemungkinan besar – pulang ke Jawa dari Mekkah membawa manuskrip kedua kitab tersebut. Luar biasa, benar apa yang dikatakan oleh Sayyid Asad Syihab bahwa Kiai Hasyim sangat gemar mengumpulkan kitab-kitab langka.

Muhammad Asad Shahab menulis:

يهتم العلامة محمد هاشم أشعري بجمع الكتب العلمية وينفق الأموال الكثيرة لاقتناء وشراء الكتب، بل قد يضطر الى دفع مبالغ باهظة للحصول على كتاب واحد أثري قديم. ولذلك فإن لديه مجموعة كبيرة من هذه الكتب

“KH. Hasyim Asy’ari memiliki perhatian yang besar untuk mengoleksi kitab-kitab ilmiah dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membeli dan merawat kitab-kitab tersebut. Bahkan, beliau tak segan-segan untuk mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk bisa mendapatkan sebuah kitab kuno yang dipandang penting. Karena itulah, tidak mengherankan jika beliau memiliki koleksi kitab yang sangat besar.”

Ini salah satu bukti, Hadratussyaikh memiliki jaringan dengan ulama Hadromaut. Sebab, di antara gurunya adalah Sayyid Alawi bin Ahmad As-seggaf dan Sayyid Husein bin Muhammad Al-Habsyi, begitu juga Habib Ahmad bin Hasan Al-Attos. Jadi tidak aneh jika Mbah Hasyim sering merujuk ke kitab-kitab ulama Hadromaut.

Tabik,

Oleh: Ilham Zihaq


Editor: Daniel Simatupang