Spirit dalam Keluarga

 
Spirit dalam Keluarga
Sumber Gambar: dok. pribadi/Rakimin Al-Jawiy

Laduni.ID, Jakarta – Setiap orang terlahir, tumbuh dan berkembang ditengah keluarga. Selanjutnya ketika dewasa, ia akan melahirkan dan menumbuhkembangkan sebuah keluarga yang Samawah.

Keluarga Samawah idealnya diilhami spirit aqidah, spirit ibadah dan mengkreasi keihsanan dalam bentuk cinta dan kasih sayang (baitiy jannatiy).

Maka wajar, jika ke-samawah-an keluarga adalah idaman setiap orang. Karena di dalamnya terdapat istri yang sholehah dan anak-anak baik, yang diharapkan menjadi dzurriyah thoyyibah dan qurrota a'yun (pelita hati) bagi kita.

Tentu juga lumrah, ketika kecintaan seseorang kepada keluarga membuat ia mampu berkorban dan saling memotivasi demi mimpi bahtera rumah tangga yang sukses dunia akhirat.

Ia akan jadikan anggota keluarga untuk saling menjadikan sebagai ladang surga untuk yang lainnya. Suami ladang surga bagi istrinya, istrinya ladang surga bagi sang suami, juga anak-anak kepada orang tua dan begitu pun sebaliknya. Dengan demikian keluarga adalah tempat kita saling mencintai, berkorban, mengedukasi, dan menghantarkan kepada masa depan gemilang (surga).

Untuk itu, keluarga adalah sumber spirit, karena di dalamnya ada anak dan istri harapan kita, tempat bernaung dan terpenting embrio untuk melahirkan manfaat bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama. Salam Samawah untuk semua.

Semoga bermanfaat

Oleh: Rakimin Al-Jawiy – Dosen Psikologi Islam Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta