H. Ujang Sahid, Kader Muda NU Cianjur Raih Doktor Cumlaude

 
H. Ujang Sahid, Kader Muda NU Cianjur Raih Doktor Cumlaude
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Cianjur – Bertambah lagi kader muda Nahdlatul Ulama asal Kabupaten Cianjur, H. Ujang Sahid, yang sukses meraih gelar doktor konsentrasi ilmu pendidikan dengan nilai sangat memuaskan (cumlaude) setelah mengikuti ujian terbuka promosi doktor di Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung yang dilaksanakan secara daring pada, Rabu (17/11/2021).

Ujang Sahid yang juga Wakil Sekretaris PCNU Cianjur ini lulus paripurna dan berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para penguji yang berjudul "Managemen Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ektrakurikuler di Lingkungan Sekolah Berbasis Pesantren".

Ia mengatakan tema yang disampaikan dalam disertasinya berangkat dari rasa kepeduliannya terhadap perkembangan santri di lingkungan sekolah dan pondok pesantren guna menumbuhkembangkan mentalitas terhadap pemenuhan intelektual santri yang sangat di butuhkan di masa depan.

"Puji syukur alhamdulillah sudah selesai setelah menjalani proses selama tiga tahun, akhirnya lulus," ungkap Ketua Umum PB Ikatan Alumni Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur kepada awak media, Kamis (18/11/2021).

Ujang Sahid menuturkan, keberhasilannya dalam melaksanakan ujian doktoral tersebut berkat doa dan restu dari keluarga, orang tua dan para guru yang dengan ikhlas dan sabar mensupport selama menuntut ilmu.

Dalam hal ini, Ujang Sahid lantas berbagi kiat khusus ketika mengikuti ujian terbuka secara online, yaitu di samping menyiapkan peralatan yang bagus, seperti ponsel yang prima, jaringan internet yang lancar, tempat yang nyaman dan kondisi tubuh harus disiapkan secara fit dan prima. Tentu saja penguasaan materi konsepsi secara kontekstual dan faktual harus dikuasai, khususnya faktualisasi teori digitalisasi di era 4.0 dan tantangan bonus demografi di 2045.

Menurutnya, persiapan yang bagus di luar materi ujian itu perlu karena berpengaruh pada penguasaan materi yang harus dipertahankan di hadapan penguji. Seperti jika peralatan dan kondisi tubuh tidak prima, maka bisa saja materi yang sudah dikuasai bisa buyar.

Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Cianjur, KH Kamali Abdul Ghani, yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur, turut bangga atas pencapaian aktivis muda NU tersebut. Ia berpesan agar Ujang Sahid memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk memberikan sebanyak mungkin manfaat bagi masyarakat luas.


Editor: Daniel Simatupang