Ziarah ke Makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi Singapura

 
Ziarah ke Makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi Singapura
Sumber Gambar: Nussagates.com

Laduni.ID, Jakarta – Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi merupakan seorang waliyullah asal Singapura yang lahir pada sekitar tahun 1788 M/1202 H. Ayah Habib Nuh bernama Habib Muhammad, seorang pejabat istana di bawah Sultan Ahmad Tajuddin Halim Shah II dan ibunya bernama Sayyidah Fatimah, seorang janda dari Sayyid Yasin Al Anggawiyang.

Habib Nuh lahir di atas kapal saat kedua orangtuanya dalam perjalanan dari Hadramaut, Yaman ke Kedah (Malaysia). Terdapat perbedaan sejarah tempat kelahiran beliau, Sayyid Abbas Al-Habsyi mengatakan bahwa Habib Nuh lahir di Kedah Malaysia, sedangkan Ensiklopedia Sejarah dan Kebudayaan Melayu menyebut bahwa Habib Nuh lahir di Pulau Pinang.

Kisah tentang Habib Nur banyak diceritakan dalam buku Lambang Terukir: dalam Mengisahkan Manaqib Habib Noh bin Muhammad Al-Habsyi yang Syahir karya Mohamad Ghouse Khan Surattee, serta banyak dituturkan oleh para juru kunci makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi.

Lokasi Makam

Beliau wafat pada hari Jum'at, 14 Rabi`ul Awwal 1283 H bertepatan pada hari Jumat, 27 Juli 1866. Sebelum tiba hari wafatnya, beliau sempat mewasiatkan untuk dimakamkan di atas sebuah bukit kecil di jalan Palmer. Karena dipandang sedikit aneh dan jarang ada kuburan orang Islam, akhirnya keluarga beliau memutuskan untuk memakamkan Habib Nuh makam biasa.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah ke Makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi Singapura

  • Wardah Ainur Rizqi Wardah Ainur Rizqi