Ziarah ke Makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi Singapura

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah ke Makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi Singapura
Sumber Gambar: Nussagates.com

Laduni.ID, Jakarta – Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi merupakan seorang waliyullah asal Singapura yang lahir pada sekitar tahun 1788 M/1202 H. Ayah Habib Nuh bernama Habib Muhammad, seorang pejabat istana di bawah Sultan Ahmad Tajuddin Halim Shah II dan ibunya bernama Sayyidah Fatimah, seorang janda dari Sayyid Yasin Al Anggawiyang.

Habib Nuh lahir di atas kapal saat kedua orangtuanya dalam perjalanan dari Hadramaut, Yaman ke Kedah (Malaysia). Terdapat perbedaan sejarah tempat kelahiran beliau, Sayyid Abbas Al-Habsyi mengatakan bahwa Habib Nuh lahir di Kedah Malaysia, sedangkan Ensiklopedia Sejarah dan Kebudayaan Melayu menyebut bahwa Habib Nuh lahir di Pulau Pinang.

Kisah tentang Habib Nur banyak diceritakan dalam buku Lambang Terukir: dalam Mengisahkan Manaqib Habib Noh bin Muhammad Al-Habsyi yang Syahir karya Mohamad Ghouse Khan Surattee, serta banyak dituturkan oleh para juru kunci makam Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi.

Lokasi Makam

Beliau wafat pada hari Jum'at, 14 Rabi`ul Awwal 1283 H bertepatan pada hari Jumat, 27 Juli 1866. Sebelum tiba hari wafatnya, beliau sempat mewasiatkan untuk dimakamkan di atas sebuah bukit kecil di jalan Palmer. Karena dipandang sedikit aneh dan jarang ada kuburan orang Islam, akhirnya keluarga beliau memutuskan untuk memakamkan Habib Nuh makam biasa.

Saat urusan jenazah telah diselesaikan semua dan hendak dibawa ke makam yang telah disepakati pihak keluarga, jenazah Habib Nuh tiba-tiba saja sulit diangkat. Puluhan orang mencoba mengangkat jenazah Habib Nuh namun kesemuanya gagal. Akhirnya pihak keluarga diminta untuk mematuhi wasiat Habib Nuh untuk dimakamkan di tempat yang beliau inginkan. Setelah sepakat dan niat memakamkan Habib Nuh di tempat yang beliau wasiatkan, jenazah Habib Nuh tiba-tiba menjadi ringan.

Dilansir dari NU Online (22/11/2021), makam Habib Nuh terletak di Jalan Palmer (Palmer Road), tepatnya di 37 Palmer Road, Tanjong Pagar, Singapura. Untuk menuju makam beliau, kita harus naik kendaraan umum menuju Shenton Way Terminal. Setelah sampai Shenton Way Terminal kita tinggal berjalan keluar terminal dan belok kiri menikuti trotoar jalan.

Makam terletak di seberang kiri, jika kesulitan menemukan makam Habib Nuh kita dapat bertanya kepada orang sekitar letak Masjid Haji Muhammad Shaleh, sebab makam Habib Nuh terletak di atas masjid tersebut.

Letak makamnya juga dekat dengan Taman Merlion, berjarak sekitar 2 kilometer. Jika ingin berhemat, kita bisa berjalan kaki dari Taman Merlion. Berjalan lurus kea rah kiri di jalan Esplanade, Fullerton, Collyer Quay, Raffles Quay, dan Shenton Way.

Banyak peziarah dari Negara tetangga yang datang ke makam Habib Nuh, salah satunya Indonesia. Bahkan, Habib Umar bin Hafidz Yaman dan Habib Jindan Jakarta menyempatkan berziarah ke makam Habib Nuh sebelum datang ke Indonesia.

Dilansir dari koranbanjar.net (22/11/2021), makam Habib Nuh dibangun pada 1890 oleh Syed Mohammad bin Ahmad Alsagoff. Para peziarah harus menaiki 49 anak tangga untuk mencapai lokasi makam yang terletak di atas bukit.

Sumber foto: Nussagates, Tripadvisor.co.id


Editor: Daniel Simatupang