Lirik Mars GP Ansor

 
Lirik Mars GP Ansor
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) adalah salah satu badan otonom (banom) dari organisasi besar bernama Nahdlatul Ulama (NU). GP Ansor menaungi para pemuda NU yang berkhidmat dijalur organisasi, kedepannya, para Ansor inilah yang akan menggantikan para pengurus NU saat ini. Sebab reorganisasi terus bergerak seiring berjalannya waktu.

GP Ansor lahir pada tahun 1924 dengan nama Syubbhanul Wathan (Pemuda Tanah Air) yang dirintis oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah, Syubbhanul Wathan inilah embrio berdirinya GP Ansor. Syubbhanul Wathan dalam perjalanannya mengalami perubahan nama, dari Persatuan Pemuda Nahdlatul Ulama (PPNU), Pemuda NU (PNU), hingga Anshoru Nahdlatoel Oelama (ANO).

ANO saat itu belum bagian resmi dari Nahdlatul Ulama, sifatnya hanya hubungan personal antar individu. Namun, pada Muktamar NU ke-9 di Banyuwangi pada 10 Muharram 1352 H/24 April 1934, ANO resmi menjadi bagian dari NU secara organisatoris. Para pengurus ANO saat itu adalah H.M. Thohir Bakri sebagai Ketua, Abdullah Oebayd sebagai Wakil Ketua, H. Achmad Barawi dan Abdus Salam sebagai Sekretaris.

Sebagai organisasi yang bergerak dalam perjuangan, GP Ansor memiliki mars yang dapat menggetarkan hati siapapun. Bait-bait yang terdapat dalam liriknya memiliki makna yang sangat mendalam, oleh karenanya mars ini selalu dilantunkan di setiap kegiatan GP Ansor, bahkan saat sedang berkumpul pun para kader Ansor akan menyanyikan mars tersebut. Berikut liriknya:

MARS ANSOR

Darah dan nyawa telah kuberikan

Syuhada rebah Allahu Akbar

Kini bebas rantai ikatan

Negara jaya Islam yang benar

 

Berkibar tinggi panji gerakan

Iman di dada patriot perkasa

Ansor maju satu barisan

Seribu rintangan patah semua

Tegakkan yang adil hancurkan yang dzalim

Makmur semua lenyap yang nista

 

Allahu Akbar-Allahu Akbar

Pagar baja gerakan kita

Bangkitlah bangkit putera pertiwi

Tiada gentar dada ke muka

Bela agama bangsa negeri


Editor: Daniel Simatupang